Piala AFF

Lima Skenario Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Babak Semifinal Piala AFF 2022

Pasukan Gajar Perang menyamakan kedudukan lewat aksi gelandang Sarach Yooyen pada menit ke-79.

Editor: Dion DB Putra
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Timnas Indonesia berfoto bersama sebelum pertandingan melawan timnas Kamboja pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (23/12/2022). 

TRIBUNLOMBOK.COM, JAKARTA - Lima skenario menyertai timnas Indonesia lolos ke babak semifinal Piala AFF 2022 setelah bermain seri 1-1 melawan Thailand.

Berlaga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (29/12/2022), timnas Indonesia lebih dulu unggul lewat gol penalti Marc Klok pada menit ke-50.

Baca juga: Indonesia vs Thailand 1-1: Garuda Harus Berbagi Poin dengan Pasukan Gajah Perang

Meskipun bermain dengan 10 orang setelah Sanrawat Dechmitr diusir wasit karena melanggar Saddil Ramdani menit ke-62, Thailand justru bisa mencetak gol balasan.

Pasukan Gajar Perang menyamakan kedudukan lewat aksi gelandang Sarach Yooyen pada menit ke-79.

Hasil imbang 1-1 membuat Indonesia dan Thailand berbagi satu poin pada partai ketiga di Piala AFF 2022.

Saat ini Thailand masih memimpin klasemen Piala AFF 2022 Grup A dengan nilai tujuh dari tiga laga, unggul selisih gol atas Indonesia yang menghuni peringkat kedua.

Kamboja yang menang 5-1 atas Filipina menempati peringkat ketiga dengan koleksi enam poin.

Filipina yang berada di peringkat empat dengan nilai tiga secara matematis sudah tak punya peluang lolos semifinal Piala AFF 2022.

Filipina menemani tim juru kunci Brunei yang sudah dipastikan tersingkir.

Kini, dua tiket ke semifinal Piala AFF 2022 dari Grup A akan diperebutkan tiga tim yakni Thailand, Indonesia, dan Kamboja.

Pada laga terakhir, Indonesia bertandang ke Filipina, sedangkan Thailand menjamu Kamboja pada Senin (2/1/2023).

Berikut lima skenario kelolosan timnas Indonesia ke semifinal Piala AFF 2022.

  1. Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2022 jika menang atas Filipina.
  2. Indonesia lolos semifinal sebagai juara Grup A jika menang atas Filipina, sedangkan Thailand gagal mengalahkan Kamboja.
  3. Indonesia tetap lolos semifinal Piala AFF 2022 jika imbang lawan Filipina, dengan syarat Thailand kalah dari Kamboja (Indonesia runner-up, Kamboja juara grup).
  4. Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2022 jika kalah dari Filipina asalkan tidak kalah lebih dari tiga gol, sedangkan laga Thailand vs Kamboja berakhir imbang.
  5. Jika Kamboja bisa mengalahkan Thailand dan Indonesia kalah dari Filipina, skuad Garuda bisa lolos ke semifinal Piala AFF 2022 sebagai runner-up dengan catatan Thailand kalah dengan skor lebih besar dari Indonesia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul Skenario Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF 2022 Usai Ditahan Thailand

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved