Berita Lombok

Fenomena Hujan Es di Kota Mataram, Warga: Awalnya Saya Kira Batu Kerikil

Warga Kota Mataram, Provinsi NTB dikejutkan dengan fenomena hujan es terjadi saat hujan lebat siang ini, Sabtu (10/12/2022). Awalnya dikira kerikil.

Editor: Sirtupillaili
Dok.Istimewa
Kolase tangkapan layar warga saat terjadi fenomena hujan es di Kota Mataram, Sabtu (10/12/2022). 

TRIBUNLOMBOK.COM - Fenomena hujan es terjadi di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), hari ini, Sabtu (10/12/2022).

Fenomena hujan es ini terjadi hujan lebat mengguyur Kota Mataram, sekitar pukul 14.22 WITA.

Sebagian warga Kota Mataram dikagetkan dengan adanya butiran hujan es yang jatuh ke rumah mereka.

Seperti Nirkomala, salah seorang warga Lingkungan Pejeruk, Kelurahan Dasan Agung, Kota Mataram.

Dia mengaku kaget suara air hujan yang jatuh di rumahnya berbeda dari biasanya. Suara air hujan tiba-tiba terdengar seperti batu krikil.

"Tadi awalnya hujan biasa tidak ada suaranya, saya lagi di dapur sedang masak, terus suara air yang jatuh lama-lama kayak kerikil (dilempar), makin lama makin banyak. Terus kami (lihat) ee..hujan es, hujan es," tutur Nirkomala.

Nirkomala dan keluarganya langsung mengabadikan momen tersebut, namun tidak berani berlama-lama di luar karena takut terkena hujan es.

"Awalnya saya kira kerikil, siapa yang (lempar) kerikil?" kata Nirkomala.

Penjelasan BMKG

Terkait fenomena hujan es, Prakirawan BMKG STAMET ZAM Agastya Ardha Chandra Dewi menjelaskan, fenomena hujan es atau dalam meteorology dikenal dengan hail merupakan fenomena cuaca yang jarang terjadi khususnya di Indonesia.

"Namun fenomena ini umumnya wajar terjadi pada masa transisi atau masa peralihan musim atau ketika musim hujan," katanya, dalam keterangan tertulis BMKG.

Penyebab utama dari hujan es ini adalah awan Cumulounimbus atau dikenal juga dengan awan Cb. Awan Cb yang dihasilkan dari pemanasan yang kuat di permukaan.

Serta labilnya udara di wilayah tersebut mampu menghasilkan tinggi puncak yang signifikan yakni lebih dari 5 km dengan suhu puncak yang sangat dingin dapat berpotensi menghasilkan hujan es.

Hujan es dapat dihasilkan awan Cb ketika awan tersebut mengalami proses updraft yang kuat dan mendorong partikel es tersebut jatuh ke permukaan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lombok
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved