Piala Dunia 2022

Warga Jepang Menyambut Hangat Kepulangan Skuat Timnas Mereka dari Qatar

Dalam foto-foto yang dijepret kantor berita Associated Press, tampak skuat timnas Jepang mengenakan setelan jas biru tua lengkap berdasi.

Editor: Dion DB Putra
AFP/ANNE-CHRISTINE POUJOULAT
Para pemain Timnas Jepang berpose sebelum laga sepak bola Grup E Piala Dunia 2022 Qatar antara Jerman melawan Jepang di Stadion Internasional Khalifa, di Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022). Jepang menang 2-1. 

TRIBUNLOMBOK.COM- Warga Jepang menyambut hangat kepulangan skuat tim nasional sepakbola mereka setelah terhenti di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Media setempat, Japan Times pada Rabu (7/11/2022) melaporkan, tim Samurai Biru, julukan timnas Jepang, mendapat sambutan seperti pahlawan oleh para suporter yang memadati Bandara Narita, Tokyo.

Baca juga: Profil Dominik Livakovic: Kiper Kroasia yang Tepis 3 Eksekusi Penalti Pemain Jepang

Jepang tampil apik dan mengejutkan di Qatar 2022. Tim asuhan Hajime Moriyasu mengalahkan Jerman dan Spanyol di penyisihan Grup F, memuncaki klasemen grup, dan lolos ke 16 besar untuk kali kedua beruntun.

Kendati akhirnya takluk dari Kroasia di babak adu penalti dan tiga pemain Samurai Biru gagal menunaikan tugas sebagai eksekutor, para pemain Jepang tetap disambut banyak orang ketika tiba tanah air mereka.

Para suporter menyambut pelatih Hajime Moriyasu, kapten Maya Yoshida, bersama para pemain lain seperti Ritsu Doan dan Junya Ito. Adapun beberapa pemain Jepang yang berkarier di Eropa kembali ke klub mereka masing-masing.

Dalam foto-foto yang dijepret kantor berita Associated Press, tampak skuat timnas Jepang mengenakan setelan jas biru tua lengkap berdasi. Sejumlah pemain berjalan sambil membawa koper mereka.

Kapten timnas Jepang, Maya Yoshida dan pelatih Hajime Moriyasu membawa buket bunga. Keduanya tersenyum lebar saat konferensi pers.

Penyerang Timnas Jepang, Daizen Maeda (tengah, belakang) melakukan selebrasi bersama rekannya seusai mencetak gol pertama timnya dalam laga sepak bola babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar antara Jepang melawan Kroasia di Stadion Al-Janoub, di Al-Wakrah, selatan Doha, Qatar, Senin (5/12/2022) waktu setempat. Kroasia menang adu penalti 3-1.
Penyerang Timnas Jepang, Daizen Maeda (tengah, belakang) melakukan selebrasi bersama rekannya seusai mencetak gol pertama timnya dalam laga sepak bola babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar antara Jepang melawan Kroasia di Stadion Al-Janoub, di Al-Wakrah, selatan Doha, Qatar, Senin (5/12/2022) waktu setempat. Kroasia menang adu penalti 3-1. (AFP/INA FASSBENDER)

“Dengan keterampilan individu dan usaha tim, para pemain kami membuktikan bahwa kami bisa kompetitif di panggung global,” kata Moriyasu kepada wartawan pada konferensi pers di hotel dekat bandara.

Seusai Piala Dunia 2022, fokus Jepang akan beralih ke Piala Asia 2023 yang juga diselenggarakan di Qatar, setelah China yang awalnya ditetapkan menjadi tuan rumah mundur karena kebijakan nol-Covid mereka, menurut laporan Al Jazeera.

Jepang masuk pot 1 di pembagian grup Piala Asia 2023 bersama tuan rumah Qatar, dan tim-tim yang juga tampil mengejutkan di Piala Dunia 2022 yaitu Iran, Korea Selatan, Arab Saudi, serta Australia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul Piala Dunia 2022: Timnas Jepang Pulang, Disambut bak Pahlawan

 

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved