Berita Lombok Barat

Jelang Akhir Tahun, Baznas Lombok Barat Serahkan Bantuan Sosial Rp1,1 Miliar

Ketua Baznas Lombok Barat,  TGH Muhmmad Taesir Al Azhar menuturan, bahwa penyaluran ini merupakan kegiatan ketujuh yang dilakukan oleh Baznas.

DOK PEMKAB LOMBOK BARAT
Jelang Akhir Tahun, Baznas Lombok Barat Serahkan Bantuan Sosial Rp1,1 Miliar - Baznas Lombok Barat saat melakukan pendistribusian ZIS di Aula Kantor Camat Lingsar. 

Laporan Wartawan Tribunlombok.com Lalu M Gitan Prahana

TRIBUNLOMBOK.COM, LOMBOK BARAT - Menjelang akhir tahun 2022 ini, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lombok Barat kembali menyerahkan bantuan sosial (Bansos).

Bansos yang diserahkan Baznas itu terdiri dari beasiswa, usaha bakulan, merbot, guru ngaji dan bantuan masjid dan musholla sebesar Rp1,1 Milliar di Aula Kantor Camat Lingsar, Senin (28/11/2022).

Adapun jumlah penerima bantuan yaitu 30 masjid dan 30 musholla, 5 usaha bakulan, 5 guru ngaji dan 5 marbot masing-masing desa di Lombok Barat.

Ketua Baznas Lombok Barat,  TGH Muhmmad Taesir Al Azhar menuturan, bahwa penyaluran ini merupakan kegiatan ketujuh yang dilakukan oleh Baznas Lombok Barat.

Baca juga: Besarnya Potensi Pertanian di Lombok Timur, Bupati Dorong Baznas Optimalisasi Zakat Pertanian

Sebelumnya penyaluran bansos ini telah dilakukan di Kecamatan Sekotong, kemudian selanjutnya akan disalurkan di wilayah Gunungsari dan Batulayar.

"Semua bantuan akan diserahkan sampai akhir Desember tahun 2022 ini," ujarnya.

Di samping itu, Ketua Baznas Lombok Barat itu juga mengatakan bahwa bantuan yang diberikan merupakan dukungan dari Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid.

Sebelumnya anggaran yang dikelola Baznas Lombok Barat hanya Rp 4-5 milliar.

Baca juga: Bupati Bima Indah Dhamayanti Putri Minta Baznas Transparan Mengelola Dana Umat

Kemudian setelah dilantik dan keluarnya Peraturan Bupati (Perbub) Nomor 41 tahun 2022 Baznas gencar melakukan sosialisasi zakat di lembaga vertikal, kepala desa dan lainnya.

"Sehingga dengan peraturan itu, Baznas tahun ini dapat mengumpulkan Rp8 milliar, dua kali lipat dari sebelumnya dan Insyaallah tahun depan Rp10 milliar dapat tercapai dalam setahun, mohon doa dan dukungannya," kata ujar TGH Muhmmad Taesir Al Azhar.

Sementara Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid pada kesempatan itu mengapresiasi keberhasilan Baznas Lombok Barat yang telah mampu mengumpulkan dana ummat sebesar Rp8 milliar dari Zakat Infaq dan Sodakah.

"Alhamdulillah tahun ini terkumpul Rp8 milliar dua kali lipat dan tahun depan kita harapkan Rp10 milliar," sebutnya.

Ia juga meminta kepada Baznas untuk ke depan dapat menyiapkan jatah khusus dan jatah tetap bagi anak yatim piatu tanpa syarat atau proposal sebesar Rp =3 milliar.

"Karena yatim piatu menjadi kewajiban pemerintah untuk menjaga, memelihara dan menyayanginya," pungkas Fauzan Khalid.

 

Bergabung dengan Grup Telegram TribunLombok.com untuk update informasi terkini: https://t.me/tribunlombok.

Sumber: Tribun Lombok
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved