Tragedi Kanjuruhan

Ini Efek Negatif Jam Tayang Bola Terlalu Malam, Ancam Keselamatan Penonton hingga Jam Biologis

pihak kepolisian sempat melayangkan surat rekomendasi untuk Panpel Arema FC agar pertandingan tidak digelar terlalu malam hari.

Kompas/ Suci Rahayu
Ini Efek Negatif Jam Tayang Bola Terlalu Malam, Ancam Keselamatan Penonton hingga Jam Biologis Pemain - Pertandingan pekan ke-11 Liga 1 2022-2023 bertajuk derbi Jawa Timur, Arema FC dan Persebaya Surabaya, di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Malang, Sabtu (1/10/2022) berlangsung panas. 

TRIBUNLOMBOK.COM - Tragedi Kanjuruhan disebut-sebut menjadi puncak antisipasi yang telah diperingatkan publik kepada penyelenggara agar tidak menggelar pertandingan terlalu malam.

Bahkan sebelum laga besar Arema FC vs Persebaya, pihak kepolisian sempat melayangkan surat rekomendasi untuk Panpel Arema FC agar pertandingan tidak digelar terlalu malam hari.

Surat rekomendasi dari Polres Malang itu tertanggal 29 September 2022, berisikan tentang rekomendasi agar laga Liga 1 tahun 2022 Arema FC menghadapi Persebaya di Kanjuruhan dipercepat ke waktu sore.

Diketahui, pertandingan Arema FC kontra Persebaya dijadwalkan di Liga 1 di Stadion Kanjuruhan pada pukul 20.00 WIB, oleh polisi direkomendasikan maju ke pukul 15.30 WIB.

Baca juga: Tragedi Kanjuruhan Tewaskan 17 Anak-anak dan 7 Luka-luka, KemenPPA Sebut Kemungkinan Data Bertambah

Dalam sebuah diskusi publik di media sosial Twitter, akun twitter @rizkyyyfaisal membagikan poster seruan tolak jam tayang sepak bola terlalu malam.

Penolakan jam tayang pertandingan yang terlalu malam ini disebut bisa menimbulkan peluang negatif bagi keselamatan penonton hingga pemain.

Lantas apa saja dampak buruk yang bisa terjadi bila jam tayang pertandingan sepak bola digelar terlalu malam?

Berikut 5 di antaranya, yang terangcum dalam poster seruan penolakan jam tayang terlalu malam, dibagikan oleh akun @rizkyyyfaisal.

Baca juga: Nama-nama Korban Tragedi Kanjuruhan, Termasuk Anak-anak dan Wanita

1. Kick off terlalu malam akan menyulitkan pengawasan atas perilaku aparat, panpel, juga suporter karena pintu masuk dibuka setelah kondisi gelap.

2. Kick off terlalu malam akan memperparah keadaan apabila terjadi chaos atau gesekan.

3. Kick off terlalu malam memperbesar risiko terkena tindak kejahatan jalanan bagi penonton saat perjalanan pulang, keluar stadion pukul 11 malam mempertaruhkan keselamatan penonton.

4. Kick off terlalu malam mengganggu jam biologis pesepakbola, yang akan berdampak ke kualitas performa.

5. Kick off terlalu malam tidak ramah bagi anak-anak dan mengganggu jam biologis mereka, padahal sejatinya sepak bola adalah hiburan bagi semua, tanpa terkecuali.

 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved