Berita NTB

Pendidikan Vokasi Dianggap Sebelah Mata, Rakernas APVOKASI I di Lombok Bahas Rekomendasi ke Presiden

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Aliansi Pendidikan Vokasional Seluruh Indonesia (APVOKASI) digelar di Hotel Merumatta Senggigi, Lombok Barat.

Penulis: Lalu Helmi | Editor: Robbyan Abel Ramdhon
TRIBUNLOMBOK.COM/LALU HELMY
Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Aliansi Pendidikan Vokasional Seluruh Indonesia (APVOKASI) digelar di Hotel Merumatta Senggigi Lombok Barat Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis, (29/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunLombok.com, Lalu Helmi

TRIBUNLOMBOK.COM, MATARAM - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Aliansi Pendidikan Vokasional Seluruh Indonesia (APVOKASI) digelar di Hotel Merumatta Senggigi, Lombok Barat, pada Kamis (29/9/2022).

Kegiatan Rakernas I Apvokasi ini berlangsung sukses dan meriah.

Ratusan peserta dari berbagai provinsi memadati acara Rakernas I APVOKASI yang dibuka secara resmi oleh Menko PMK diwakili oleh Deputinya.

Ketua Umum DPP APVOKASI, Prof Dr Ir Marsudi Wahyu Kisworo, mengungkapkan APVOKASI merupakan wadah bagi seluruh pemerhati, dosen, karyawan, atau pun pengusaha yang concern atau yang peduli terhadap pendidikan vokasi di Indonesia.

Baca juga: Ketak Nusantara Wakili NTB di Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2022

“Kenapa ini menjadi penting, karena sebuah negara itu akan maju kalau industrinya maju. Dan dunia industri itu akan maju, kalau didukung oleh tenaga-tenaga profesional yang siap bekerja. Itulah pendidikan vokasi yakni suatu pendidikan yang menyiapkan lulusannya untuk siap bekerja dan siap menjadi pengusaha,” terang Prof Marsudi kepada awak media.

Rakernas I ini menurutnya bertujuan untuk menyatukan pandangan-pandangan dan menyusun program bersama khususnya dalam menyambut Perpres Nomor 68 tahun 2022.

Perpres Nomor 68 tahun 2022 mengatur mengenai revitalisasi pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi.

“Kenapa perlu direvitalisasi? karena selama ini pendidikan vokasi dianggap sebelah mata atau bukan menjadi pilihan prioritas, atau hanya sekedar menjadi pilihan alternatif. Padahal urusan vokasi inilah yang bisa menjadi lokomotif industri dari sebuah bangsa. Makanya ini harus dibuat agar urusan vokasi ini bisa lebih kuat kedepannya,” ungkapnya.

Baca juga: Wisata Lombok, Hotel Murah hingga Hotel Mewah di Kawasan Senggigi

Dalam Rakernas ini, pihaknya mengaku mengumpulkan seluruh pengurus dari seluruh Indonesia.

“Ada sekitar 250 orang pengurus yang kita kumpulkan hari ini dari seluruh Indonesia. APVOKASI ini sudah ada diseluruh Provinsi. Begitu pun disetiap Kabupaten ada. Yang kemudian berembuk untuk menyusun program sesuai dengan Perpres 68/2022,” terangnya.

Dalam Rakernas ini, menurutnya, selain membahas dan mengkaji Perpres 68/2022, juga membahas dan mengkaji tentang beberapa rekomendasi program untuk mengimplementasikannya.

“Baik untuk implementasi di dunia pendidikannya sendiri serta implentasinya di dunia kerja dan dunia usaha agar Perpres 68/2022 ini sukses diimplementasikan,” ujarnya.

Pihaknya mengaku akan menyerahkan langsung rekomendasi-rekomendasi dari hasil Rakernas I tersebut langsung kepada Presiden RI.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lombok
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved