Timnas Indonesia

Shin Tae-yong Akui Masih Banyak PR Meski Timnas Indonesia Dua Kali Kalahkan Curacao

Meski timnas Indonesia meraih dua kemenangan, namun hal itu tidak boleh membuat mereka berpuas diri.

Editor: Dion DB Putra
SEA Games XXXI
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. Shin mengakui masih banyak pekerjan rumah bagi timnas Indonesia meskipun meraih hasil sempurna atas lawannya Curacao. 

TRIBUNLOMBOK.COM - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengaku masih banyak pekerjaan rumah yang harus dibenahi tim asuhannya terutama lini pertahanan.

Hal itu mengacu pada hasil pertandingan melawan Curacao. Meski timnas Indonesia meraih dua kemenangan, namun hal itu tidak boleh membuat mereka berpuas diri.

Baca juga: Ranking FIFA Terbaru Indonesia Apabila Bisa Menang Lagi Lawan Curacao

Pelatih asal Korea Selatan itu juga menyarankan agar timnas Indonesia lebih sering melakoni laga persahabatan melawan negara yang rankingnya lebih tinggi di peringkat FIFA.

Demikian disampaikan Shin Tae-yon setelah timnas Indonesia menang 2-1 atas Curacao dalam laga persahabatan kedua di Stadion Pakansari, Cibinong, Selasa (27/9/2022) malam.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (tengah) bersama Rachmat Irianto (kanan) dalam sesi konferensi pers seusai laga FIFA Matchday antara Indonesia vs Curacao di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (27/9/2022).
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (tengah) bersama Rachmat Irianto (kanan) dalam sesi konferensi pers seusai laga FIFA Matchday antara Indonesia vs Curacao di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (27/9/2022). (KOMPAS.COM/FERRIL DENNYS)

Sebelumnya pada laga perdana di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (24/9/2022), Indonesia menang 3-2 atas Curacao.

Dua kemenangan ini cukup membanggakan. Pasalnya, Timnas bisa mengalahkan Curacao yang secara peringkat lebih tinggi yakni di posisi ke-84.

Sementara Indonesia di posisi ke-155. Shin Tae-yong berharap Indonesia bisa konsisten melakoni laga persahabatan FIFA.

"Untuk tahun ini FIFA matchday sudah selesai semua. Pastinya tahun depan dijadwalkan pertandingan. Memang harus lawan yang ranking FIFA lebih tinggi agar sepak bola Indonesia bisa semakin maju ke depan," tuturnya.

Di balik dua kemenangan tersebut, Shin Tae-yong masih memiliki pekerjaan rumah. Skuad Garuda selalu kebobolan dalam 2 laga melawan Curacao. Total, timnas Indonesia kebobolan 3 gol.

Dia melihat hal tersebut jadi sebuah motivasi untuk memperbaiki tim.

"Kalau kita hanya bicara kemasukan gol saja. Pasti tidak akan bisa maju. Kalau misal kami selalu tegur dan pemasalahkan kebobolan. Pasti kita susah maju," ujarnya.

"Sambil kemasukan gol, kami harus perbaiki dan berkembang. Tidak boleh kita bilang kemasukan gol tidak baik. Bisa jadi untuk motivasi memajukan tim," demikian Shin Tae-yong.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul Dua Kali Libas Curacao, STY Ungkap 2 Hal untuk Kemajuan Sepak Bola Indonesia

https://bola.kompas.com/read/2022/09/27/23314098/dua-kali-libas-curacao-sty-ungkap-2-hal-untuk-kemajuan-sepak-bola-indonesia.

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved