Pejabat Imigrasi Thailand Melarang Ratu Kecantikan Myanmar Masuk ke Negara Itu

AFP melaporkan, pejabat imigrasi Thailand mengatakan ratu kecantikan Myanmar tersebut ditolak masuk Thailand karena masalah paspor.

Editor: Dion DB Putra
INSTAGRAM @hann_may
Ratu kecantikan Myanmar Han Lay saat berkompetisi di Miss Grand International di Bangkok, Rabu (24/3/2021). 

TRIBUNLOMBOK.COM, BANGKOK - Pejabat imigrasi Thailand tidak mengizinkan ratu kecantikan Myanmar, Thaw Nandar Aung masuk ke negara itu.

Ratu kecantikan Myanmar itu berbicara keras menentang kudeta militer di Myanmar.

Thaw Nandar Aung yang lebih populer dengan nama panggung Han Lay ditahan di Bandara internasional Bangkok sejak Kamis (22/9/2022), setelah tiba dengan penerbangan dari Vietnam.

Baca juga: Hasil Piala AFF: Indonesia Gagal ke Semifinal Meski Menang 5-1 atas Myanmar

Han Lay sempat menjadi sorotan pada Maret 2021 ketika mendesak dunia menyelamatkan rakyat Myanmar dari junta militer yang merebut kekuasaan dari Aung San Suu Kyi sebulan sebelumnya.

Kantor berita AFP melaporkan, pejabat imigrasi Thailand mengatakan ratu kecantikan Myanmar tersebut ditolak masuk Thailand karena masalah paspor.

Han Lay dalam unggahan di akun Facebooknya yang terverifikasi pada Jumat (23/9/2022) menulis, dia takut polisi Myanmar akan datang dan menjemputnya di bandara Bangkok.

"Saya meminta otoritas Thailand dari sini tolong bantu saya," tulisnya dalam bahasa Inggris, menambahkan bahwa dia sudah menghubungi badan pengungsi PBB.

Seorang pejabat Thailand mengatakan kepada AFP bahwa polisi Myanmar belum berbicara dengannya dan Han Lay bebas memutuskan terbang ke mana dari Bangkok.

Han Lay yang merupakan mahasiswi psikologi saat berkompetisi dalam kontes Miss Grand International di Bangkok.

"Saya ingin mengatakan dari sini kepada dunia: tolong dukung rakyat Myanmar," katanya kepada kantor berita Thailand berbahasa Inggris, Khaosod.

"Begitu banyak orang mati di Myanmar oleh senjata militer... Tolong selamatkan kami."

Myanmar berada dalam kekacauan sejak kudeta. Junta militer berusaha keras memadamkan perlawanan terhadap kekuasaannya. -

Sebuah tindakan keras militer terhadap pengunjuk rasa menyebabkan lebih dari 2.300 warga sipil tewas, menurut kelompok pemantau lokal.

Adapun junta militer Myanmar menyebutkan bahwa jumlah korban sipil hampir 3.900 orang sejak kudeta Februari 2021.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul Ratu Kecantikan Myanmar Ditahan di Bandara Thailand karena Protes Kudeta

 

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved