Azyumardi Azra Pernah Mendapat Gelar Kehormatan Commander of the Order dari Ratu Elizabeth II

Adapun gelar yang diberikan Ratu Elizabeth II kepada Azyumardi adalah Commander of the Order of the British Empire.

Editor: Dion DB Putra
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Azyumardi Azra memberikan siraman rohani pada perayaan syukuran dan peluncuran buku HUT Ke-50 Harian Kompas di Bentara Budaya Jakarta, Minggu (28/6/2015). 

TRIBUNLOMBOK.COM- Azyumardi Azra merupakan cendekiawan Indonesia yang sangat dihormati di dalam maupun di luar negeri.

Ketua Dewan Pers yang meninggal dunia di Malaysia karena sakit itu pernah mendapat gelar kehormatan dari Ratu Elizabeth II pada tahun 2010.

Adapun gelar yang diberikan Ratu Elizabeth II kepada Azyumardi adalah Commander of the Order of the British Empire.

Baca juga: Inggris Gelar Operasi Keamanan Terbesar Saat Pemakaman Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II memberikan penghargaan tersebut karena peran Azyumardi dalam memberikan pemahaman antaragama seperti pluralisme dan kerukunan antarumat.

Azyumardi Azra lahir di Lubuk Alung, Sumatera Barat pada 4 Maret 1955.

Namanya itu bermakna ‘permata hujau’. Andina Dwi Fatma dalam bukunya Cerita Azra Biografi Cendekiawan Muslim Azyumardi Azra menyebut dia menempuh sekolah dasar di kampung halamannya pada 1963.

Pada tahun 1969, Azyumardi Azra melanjutkan studinya di Sekolah Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) Padang. Ia dikenal cerdas dan mahir di pelajaran Matematika.

Azyumardi melanjutkan pendidikan tinggi di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syarif Hidayatullah Jakarta setelah menghadapi perbedaan pendapat dengan ayahnya.

Di kampus, Azyumardi aktif menjadi aktivis mahasiswa. Ia tercatat pernah duduk sebagai Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Ciputat tahun 1981-1982.

Dia juga pernah mengorganisir teman-temannya melancarkan protes terhadap pemerintahan Soeharto saat sidang umum MPR tahun 1978 digelar.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved