Marak Chat WhatsApp Hoaks Klaim BSU 2022, Cek Penerimanya hanya di Kemnaker/BPJS Ketenagakerjaan

Kemnaker menyatakan chat WhatsApp atau DM Medsos mengenai klaim pencairan BSU 2022 sebagai hoaks

Tangkapan layar bsu.kemnaker.go.id
Daftar notifikasi BSU 2022. Kemnaker menyatakan chat WhatsApp atau DM Medsos mengenai klaim pencairan BSU 2022 sebagai hoaks. Cek penerima BSU 2022 hanya di di kemnaker.go.id, bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id, atau melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO). 

TRIBUNLOMBOK.COM - Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2022 sudah cair sejak Senin 12 September 2022 dengan cara mengeceknya di kemnaker.go.id, bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id, atau melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO).

Namun, belakangan muncul chat WhatsApp yang mengaku sebagai agen pencairan BSU 2022.

Seperti pengalaman TribunLombok.com, chat WhatsApp mengaku saluran pencairan BSU 2022 ini menggunakan narasa pemberitahuan resmi.

Bahkan, langsung menyatakan penerima pesan sebagai orang yang terdaftar sebagai penerima BSU 2022 dan berhak menerima sejumlah uang tertentu yang jumlahnya lebih besar dari ketentuan.

Baca juga: Login account.kemnaker.go.id: Cek Penerima BSU 2022, Cair Bertahap Mulai Senin 12 September

Selanjutnya, isi chat tersebut menawarkan prosedur dan cara klaim BSU 2022 dengan mengetik kalimat tertentu dan diminta mengirimkannya ke nomor tertentu pula.

Tak hanya itu, narasi serupa juga beredar di Direct Message media sosial dengan tawaran klaim BSU 2022.

Kepala Biro Humas Kemnaker Chairul Fadhly Harahap menyatakan informasi atau chat melalui pesan instan maupun pesan langsung di media sosial ini sebagai hoaks.

"Form yang beredar yang isinya meminta untuk mengisi data penerima BSU yang mengatasnamakan Kementerian Ketenagakerjaan itu hoaks," Chairul Rabu (14/9/2022) seperti dikutip dari Tribunnews.

Chairul menegaskan, data calon penerima BSU hanya berasal dari BPJS Ketenagakerjaan dan dikirimkan ke Kemnaker secara sistem, serta tidak ada permintaan data kepada masyarakat.

Chairul mengingatkan, informasi resmi mengenai BSU 2022 hanya melalui situs kemnaker.go.id dan akun media sosial resmi Kemnaker.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Lombok
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved