Makna Gambar Mangkuk Ayam Jago dan Asal-usulnya, Awalnya Cawan Tanda Cinta Kaisar Cina ke Istrinya

Mangkuk ayam jago ini sejarah awalnya merupakan cawan khusus sebagai makna tanda cinta kaisar untuk istrinya

Culture Guru via Tribunnews
Mangkuk ayam jago. Mangkuk ayam jago ini sejarah awalnya merupakan cawan khusus sebagai makna tanda cinta kaisar untuk istrinya. 

TRIBUNLOMBOK.COM - Bagi yang sering jajan kuliner di luar tentu tak asing dengan mangkuk ayam jago.

Penampakannya mangkuk warna putih sementara di sisi luarnya terdapat ayam jago dengan tubuh dan hitam, jengger dan leher merah, bunga lima kelopak warna merah, serta daun berwarna hijau muda dengan guratan garis hijau tua.

Tapi tahukah kamu, ternyata gambar mangkuk ayam jago yang kini tampil sebagai google doodle ini memiliki makna filosofis tersendiri? Lalu dari mana sejarah dan asal-usulnya?

Banyak kita temui di warung bakso, mie ayam, atau bubur menggunakan mangkuk ayam jago ini dalam penyajian porsinya yang ternyata juga terkenal di asia.

Baca juga: Harga Anak Ayam Pemicu Utama Kenaikan Harga Telur di Kota Mataram

Rupanya, mangkuk ayam jago ini kali pertama dibuat di Cina pada abad ke-14 di peruode pemerintahan Kaisar Chenghua masa Dinasti Ming atau tepatnya pada tahun 1465 hingga 1486 Masehi.

Asal-usul Mangkuk Ayam Jago

Seperti dijelaskan Tribunnews.com yang mengutip Kompas.com, kala itu kaisar memesan 4 cawan dari perajin keramik khusus kekaisaran.

Nah, cawan ini dibuat dengan teknik Doucai yang khusus dipakai untuk kaisar dan permaisurinya sebagai tanda cinta kasih.

Kemudian cawan ini dikenal dengan cawan ayam atau Jigangbei.

Makna Ayam Jago dan Daun

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved