Berita Lombok Tengah

3 Desa Penyangga Mandalika Diajari Cara Kembangkan Destinasi Wisata Lewat Inovasi dan Kreativitas

Pelatihan sadar wisata Lombok ini merupakan tahap lanjut sosialisasi sadar wisata yang telah di laksanakan di tiga desa wisata di Lombok Tengah

Penulis: Sinto | Editor: Wahyu Widiyantoro
Istimewa/Hen
Suasana Pelatihan Sadar Wisata Kemenparekref RI yang berlangsung sejak tanggal 1-7 September 2022 diikuti tiga desa penyangga Kawasan Mandalika. 

Laporan Wartawan TribunLombok.com, Sinto

TRIBUNLOMBOK.COM, LOMBOK TENGAH - tiga desa di kabupaten lombok tengah yakni Desa Rembitan, Desa Kuta, dan Desa Selong Belanak mengikuti pelatihan sadar wisata.

Pelatihan sadar wisata Lombok ini merupakan tahap lanjut sosialisasi sadar wisata yang telah di laksanakan di tiga desa wisata di Lombok Tengah.

kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat desa dalam mengembangkan potensi produk wisata dan kapasitas bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (kemenparekraf) Frans Teguh meminta kepada seluruh peserta (grand hero pariwisata) setelah menyelesaikan pelatihan ini mampu mengimplementasikan di desanya.

Baca juga: Tangis Inaq Murdianto Tak Diberi Akses Terowongan Sirkuit Mandalika, Susah Payah Antar Anak Sekolah

Pelatihan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan.

Untuk itu ia berpesan agar local champions (inovator wisata desa) dan grand hero pariwisata masing-masing desa dapat segera mengeluarkan ide-ide kreatifnya dalam membangun desa wisata.

"Dengan potensi desa yang ada diharapkan akan menjadi suatu produk wisata dan mensejahterakan masyarakat desa wisata," ungkap Frans.

Sementara itu local champions dari salah satu dengan penyangga Mandalika yaitu desa rembitan Lalu Ahmad Rijal mengatakan, ucapan terimakasih kepada kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif yang telah mengadakan pelatihan ini.

Pelatihan ini menurutnya sangat bermanfaat bagi Desa Rembitan untuk menggali potensi wisata.

Desa Rembitan banyak sekali potensi yang harus dikembangkan terutama dalam bidang wisata budaya dan wisata religi.

Rijal mengatakan, setelah selesai pelatihan ini ia dan tim akan segera mencoba untuk menyusun potensi pariwisata yang akan kami kembangkan.

"Desa rembitan mengirimkan 15 grand hero pariwisata dari berbagai latar belakang dan berdasarkan hasil seleksi," tutup Rizal.

(*)

Sumber: Tribun Lombok
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved