Berita Mataram

KPU Kota Mataram Temukan Keanggotaan Ganda Parpol Pendaftar Peserta Pemilu 2024

Verifikasi administrasi ini bertujuan untuk mengecek kembali persyaratan Parpol yang mendaftar menjadi peserta Pemilu 2024

Penulis: Laelatunni'am | Editor: Wahyu Widiyantoro
TRIBUNLOMBOK.COM/LAELATUNNI'AM
Ketua KPU Kota Mataram M Husni Abidin memberikan keterangan di Kantor DPRD Kota Mataram, Selasa (30/8/2022). 

Laporan Wartawan TribunLombok.com, Laelatunni'am

TRIBUNLOMBOK.COM, MATARAM - KPU Kota Mataram sedang melakukan verifikasi administrasi Parpol pendaftar peserta Pemilu 2024.

Ketua KPU Kota Mataram M Husni Abdin menuturkan saat verifikasi administrasi ditemukan sejumlah keanggotaan ganda Parpol.

"Hanya saja dari KPU tidak bisa menyampaikan partai politik mana saja yang ditemukan keanggotaan ganda," tuturnya, Selasa, (30/8/0222).

Meski demikian, Husni menyebut verifikasi administrasi secara keseluruhan ditemukan keanggotaan ganda pada 24 Parpol yang berkas pendaftarannya diterima KPU RI.

Baca juga: Pemilu 2024: 35 Parpol Mendaftar, 24 Lolos Berkas, 11 Dikembalikan

Verifikasi administrasi ini bertujuan untuk mengecek kembali persyaratan Parpol yang mendaftar menjadi peserta Pemilu 2024.

Rinciannya, verifikasi administrasi terhadap dugaan keanggotaan ganda partai politik dilakukan untuk memastikan tidak terdapat kondisi keanggotaan ganda identik dalam satu partai politik yang sama, potensi keanggotaan ganda dalam satu partai politik yang sama, dan potensi keanggotaan ganda antar partai politik.

Perkotaan ganda identik partai politik sebagaimana dimaksud pada ayat 1 huruf a apabila terdapat kesamaan data keanggotaan partai politik yang meliputi NIK, nomor KTA, jenis kelamin dan tanggal lahir.

Potensi keanggotaan ganda dalam satu partai politik yang sama sebagaimana dimaksud pada ayat 1 huruf b apabila terdapat kesamaan terhadap di dalam satu partai politik yang sama.

Potensi keanggotaan ganda antar partai politik sebagaimana dimaksud pada ayat 1 huruf c apabila terdapat kesamaan terhadap nik antar partai politik.

Verifikasi administrasi terhadap dugaan keanggotaan ganda itu dilakukan dengan menggunakan sipol.

Apabila dalam verifikasi administrasi ditemukan keanggotaan ganda identik dalam satu partai politik yang sama KPU menghitung hanya satu keanggotaan.

(*)

Sumber: Tribun Lombok
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved