Menkeu Sri Mulyani: Harga Pertalite Harusnya Rp 14.450 Per Liter, Solar Rp 13.950

Adapun harga Pertalite saat ini hanya 53 persen dari harga aslinya berkat anggaran subsidi BBM dari pemerintah

TRIBUNNEWS
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan harga minyak mentah dunia dan ICP tidak kunjung turun semenjak menyampaikan tambahan subsidi dan kompensasi untuk BBM dan listrik kepada DPR. 

TRIBULOMBOK.COM, JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan harga minyak mentah dunia dan ICP tidak kunjung turun semenjak menyampaikan tambahan subsidi dan kompensasi untuk BBM dan listrik kepada DPR.

Bahkan terkini, tren kenaikan harga minyak mentah dunia terus meningkat.

Menurut perhitungan harga Pertalite seharusnya Rp 14.450 per liter dan harga Solar Rp 13.950 apabila tidak disubsidi pemerintah.

Sri Mulyani melihat outlook harga minyak sampai dengan akhir tahun yang diterbitkan oleh EIA menunjukkan harga minyak di US$104,8/barel dan berdasarkan forecast konsensus harga minyak bahkan mencapai US$105.

Baca juga: Pertamina Tanggapi Wacana Kenaikan Harga Pertalite jadi Rp 10 Ribu Per Liter

Sri Mulyani mengingatkan kembali mengenai proses penyusunan Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2022 yang sudah dibahas dengan DPR dengan harga minyak US$100/barel.

Menurut forecast dari konsensus maupun dari energi organization itu US$100/barel itu lebih rendah dari kemungkinan realisasi.

"Hari ini pun kita juga lihat harga minyak juga masih di atas US$100,” ungkap Menkeu pada Konferensi Pers Tindak Lanjut Hasil Rapat Koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian terkait Kebijakan Subsidi BBM yang diselenggarakan secara hybrid, Jumat (26/8/2022) seperti dikutip dari laman resmi Kemenkeu.

Namun demikian meski harga minyak mentah dan ICP terus meningkat, harga jual eceran (HJE) energi untuk masyarakat tidak berubah.

HJE tidak naik karena adanya subsidi Pemerintah jauh lebih rendah dibandingkan harga keekonomiannya.

Saat ini harga Solar yaitu Rp5.150/liter.

Halaman
123
Sumber: Tribun Lombok
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved