Berita Sumbawa

Tingkatkan Kualitas SDM Desa, Penerima Beasiswa OVTE UTS Ikuti Pelatihan Self Management Skill

27 mahasiswa UTS penerima Beasiswa OVTE (One Village Ten Engineer) Batch pertama angkatan 2021 telah mengikuti pelatihan “Self Management Skill”.

Dok. UTS
Tingkatkan Kualitas SDM Desa, Penerima Beasiswa OVTE UTS Ikuti Pelatihan Self Management Skill - Foto Bersama mahasiswa UTS peserta pelatihan Self Management Skill. 

Laporan Wartawan Tribunlombok.com, Galan Rezki Waskita.

TRIBUNLOMBOK.COM, SUMBAWA - 27 mahasiswa UTS penerima Beasiswa OVTE (One Village Ten Engineer) Batch pertama angkatan 2021 telah mengikuti pelatihan “Self Management Skill”.

Kegiatan ini digagas Direktorat Kerja Sama Dalam Negeri UTS di Sumbawa Grand Hotel Selasa, (23/08/2022).

Beasiswa OVTE sendiri merupakan beasiswa orisinal UTS yang ditujukan untuk pengembangan sumber daya manusia di desa.

Skema beasiswa ini berkolaborasi dengan Pemerintah Desa.

Baca juga: Universitas Teknologi Sumbawa Perkuat Kerja sama Internasional dengan Universitas di Malaysia

Beberapa desa yang telah berkolaborasi terkait Beasiswa OVTE dengan UTS adalah Desa Lunyuk Ode, Desa Poto, Desa Pernek, Desa Teluk Santong, dan Desa Labuhan Burung.

Turut pula Desa Marga Karya, Desa Juranalas, Desa Pulau Bungin, Desa Berare, Desa Batu Tering, Desa Ranan, dan Desa Tepal.

Di pelatihan ini selain menerima materi dalam bentuk diskusi, para Elang Muda juga mempraktekkan langsung berbagai materi terkait self management.

Materi ini dipaparkan langsung oleh Ahli Psikologi Ilmiyati Zain, psikologi sehari penuh.

Baca juga: Prodi Manajemen Universitas Teknologi Sumbawa Gandeng KSPM Sukseskan Capital Market Competition

Dalam sambutannya Rektor UTS Chairul Hudaya, ia berharap 27 mahasiswa OVTE agar betul-betul bisa memanfaatkan berbagai pelatihan yang diterima.

Sebab sebagai punggawa desa yang dipilih untuk melanjutkan studi dengan beasiswa di UTS, nantinya mereka ini akan kembali ke desa untuk memberikan kontribusi bagi kemajuan desa.

Mereka akan menjawab berbagai permasalahan di tengah masyarakat dengan solusi, serta menjadi harapan bagi perubahan di desa masing-masing.

“Para Elang Muda yang hari ini mengikuti pelatihan ini, kalian adalah anak-anak spesial. Di pundak kalian ada tanggung jawab besar untuk mewujudkan perubahan di desa kelak," ujar Rektor UTS di hadapan mahasiswanya.

Ia juga berharap pelatihan semacam ini dapat menjadi pemicu mahasiswanya untuk terus berkembang dan menemukan hal-hal hebat dari diri masing-masing.

Lebih jauh, para mahasiswa ini tidak hanya mendapatkan pelatihan self management skill.

Training terkait leadership, public speaking, praktek lapangan, dan lainnya juga akan diterima.

Upaya ini diadakan guna mendukung spirit dari lahirnya Beasiswa OVTE UTS.

"Kita tidak perlu nyala besar dari obor, jadilah kalian nyala lilin-lilin kecil yang mampu menerangi desa. OVTE dari Desa, untuk Desa dan kembali membangun desa,” tutur Rektor UTS.

Sumber: Tribun Lombok
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved