Pesan Ridwan Kamil untuk Baim Wong soal Citayam Fashion Week: Biar Mereka yang Urus, Bukan Anda

Ridwan Kamil memberikan nasihat kepada Baim Wong soal pendaftaran HAKI untuk merek Citayam Fashion Week.

TRIBUN JABAR/MUHAMAD SYARIF ABDUSSALAM
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberikan nasihat kepada Baim Wong soal pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) untuk merek Citayam Fashion Week di Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Ridwan Kamil menasihati Baim Wong, bahwa semua urusan tidak lantas dilihat dari sisi komersialnya. 

TRIBUNLOMBOK.COM - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberikan nasihat kepada Baim Wong soal pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) untuk merek Citayam Fashion Week di Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Ridwan Kamil menasihati Baim Wong, bahwa semua urusan tidak lantas dilihat dari sisi komersialnya.

Baca juga: Pengakuan Baim Wong Sering Berbagi Sebelum Ada YouTube: Belum Punya Uang Juga Sukanya Begitu

Menurutnya, fenomena Citayam Fashion Week ini merupakan gerakan organik akar rumput yang tak dapat diformalkan.

Harus berkembang secara natural dan organik.

Baca juga: Mengaku Suka Berbagi dari Dulu, Baim Wong: Salah Saya Tuh Terlalu Berkorban untuk Orang Lain

Sekalinya diformalkan dan dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda,” tulisan dalam akun Instagram Ridwan Kamil, Senin (25/7/2022).

Ridwan Kamil dalam akun itu lantas memberi penilaian bahwa Citayam Fashion Week tak harus dialihkan ke Sarinah, dijadikan sebagai podcast, atau go internasional. Melainkan, membiarkannya tumbuh menjadi fashion jalanan.

Menurutnya, Remaja SCBD (Sudirman, Citayam, Bojonggede, Depok) hanya membutuhkan ruang ekspresi. Pihak di luar komunitas hendaknya tidak ikut campur terlalu jauh dan ikut mengatur.

Baca juga: Pengakuan Lengkap Baim Wong Setelah Berseteru dengan Kakek Suhud: Harus Menghargai Orang Lebih

Jika pun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka bukan anda.” 

Pernyataan dalam akun Instagram Ridwan Kamil yang cukup menohok Baim Wong adalah agar tidak ikut mengurusi Citayam Fashion Week. Bahkan Baim Wong disarankan untuk mencabut pendaftaran HAKI untuk merek Citayam Fashion Week.

Anda dan istri sudah hebat punya kerja2 luar biasa. Lanjutkan. Tapi bukan untuk inisiatif yang ini (mendaftarkan Citayam Fashion Week).” 

Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya.” 

Baim Wong pada 20 Juli 2022 lalu mengajukan permohonan kekayaan intelektual untuk merek Citayam Fashion Week melalui perusahaannya, PT Tiger Wong Entertainment.

Tindakan Baim Wong yang juga tertulis di akun Instagramnya ini sontak langsung memicu perdebatan di media sosial, di mana komentar netizen didominasi kritikan dan hujatan.

Tak hanya Baim Wong, influencer Indigo Aditya Nugroho juga mengajukan permohonan dengan nama yang sama.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved