Berita Lombok Timur

Bupati Lotim Ikuti Sosialisasi Penanganan Aset Negara, Kemendagri: Dimanfaatkan untuk Pembangunan

Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro meminta sebagian aset yang sudah dibangun oleh negara segera diserahterimakan kepada daerah agar dimanfaatkan.

Dok. Humas Pemkab Lotim
Bupati ikuti sosialisasi serah terima asset barang milik negara (BMN) yang berlangsung secara virtual, pada Jumat (8/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribunlombok.com, Ahmad Wawan Sugandika

TRIBUNLOMBOK.COM,LOMBOK TIMUR - Pemerintah Daerah memerlukan strategi perencanaan yang baik serta tepat sasaran dalam pelaksanaannya.

Sehingga aset daerah dapat menjadi salah satu sumber penggerak ekonomi dan PAD bagi Pemerintah Daerah.

Karena itu Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro meminta sebagian aset yang sudah dibangun oleh negara segera diserahterimakan kepada daerah agar dimanfaatkan untuk pembangunan guna melahirkan kesejahteraan.

Hal itu disampaikan pada sosialisasi serah terima asset barang milik negara (BMN) yang berlangsung secara virtual pada Jumat (8/7/2022).

Baca juga: Lotim Sukses Jadi Tuan Rumah MTQ Ke-29 NTB, Sekda: Good Team Work and Cooperation

Dalam penuturannya Kemendagri menjelaskan tiga prinsip dasar yang ditekankan dalam pengelolaan aset daerah.

"Ada tiga prinsip pengelolaan aset daerah yakni, adanya perencanaan yang tepat, pelaksanaan atau pemanfaatan secara efisien dan efektif, serta pengawasan," jelasnya.

Terkait asset yang merupakan hibah, Suharjo meminta Pemda perlu melakukan inventarisasi barang-barang yang dihibahkan oleh Pemerintah Pusat.

Selanjutnya penandatangan berita acara serah terima hibah dan kelengkapan dokumen, serta melakukan penetapan status penggunaan barang milik daerah, pencatatan, pengamanan, dan melakukan pemeliharaan barang milik daerah.

Baca juga: Muhammad Alwi Bersyukur Raih Juara 1 MTQ Setelah Bersaing dengan Orang-orang Hebat

Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy mengikuti kegiatan tersebut didampingi sejumlah pimpinan OPD seperti Bappeda, PUPR, dan Perkim dari Ruang Rapat Bupati.

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved