Dokter Eka Nurhayati Memastikan RSUD Kota Mataram Siap Layani Peserta JKN

Menurutnya, kondisi ini akan memudahkan pihak rumah sakit memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Editor: Dion DB Putra
BPJS KESEHATAN CABANG MATARAM
Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram, dr. Eka Nurhayati. 

TRIBUNLOMBOK.COM, MATARAM - Status Kota Mataram yang sudah Universal Health Coverage (UHC) disambut baik oleh Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram, dr. Eka Nurhayati (40).

Menurutnya, kondisi ini akan memudahkan pihak rumah sakit memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Baca juga: BPJS Kesehatan Mataram Kenalkan Program REHAB ke Mitra Kerja

Baca juga: BPJS Kesehatan Mataram Perbarui Data Peserta JKN bagi Anggota TNI dan Polri

"Alhamdulillah, kami sebagai pelayan kesehatan di tingkat lanjutan sangat merasakan manfaatnya. Karena biasanya pasien yang datang ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) atau poli ini ya kami sebenarnya lebih senang pasien yang menggunakan kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)," kata Eka kepada Jamkesnews, Senin (4/7/2022).

Ia menuturkan, selain memudahkan administrasi pelayanan, klaim biaya berobat yang diajukan rumah sakit bisa lebih jelas karena pasti dibayarkan oleh pihak BPJS Kesehatan, sehingga pihak rumah sakit tidak perlu lagi kesulitan mengurus administrasi klaim biaya berobat warga.

"Biasanya kan ada warga kesulitan administrasi atau dana, sehingga pelayanan jadi terhambat. Kalau ada program ini, begitu datang menunjukkan kartu JKN atau KTP langsung bisa kita layani," kata doker Eka.

Apabila ada warga yang belum terdaftar sebagai BPJS Kesehatan, maka menurutnya bisa dibantu langsung pihak Dinas Kesehatan Kota Mataram. Mereka akan didaftarkan dan kepesertaannya langsung aktif.

Ia mengatakan, biasanya pasien umum dari kalangan warga kurang mampu yang belum menjadi peserta BPJS Kesehatan harus mengurusu surat keterangan dari kelurahan.
Mereka akan diverifikasi kemudian dibiayai oleh Pemerintah Daerah jika terbukti layak.

"Ketika menjadi peserta JKN, setelah terdaftar mereka tidak perlu lagi mengurus segala administrasi dan pembiayaan. Semuanya sudah diurus pemerintah dan BPJS Kesehatan sehingga pelayanan bisa diberikan. Ini menjadi salah satu keuntungan bagi peserta JKN. Kami siap melayani peserta JKN dengan sebaik-baiknya tanpa diskriminasi," jelasnya. (*)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved