Wagub Sitti Rohmi Djalilah: Kekuatan Nusa Tenggara Barat Adalah Lingkungan yang Bersih

Wagub menekankan pengelolaan sampah mesti menjadi perhatian utama semua pihak. Pengelolaan sampah dimulai dari rumah tangga masing-masing.

Editor: Dion DB Putra
TRIBUNLOMBOK.COM/PATAYATUL WAHIDAH
Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah. 

TRIBUNLOMBOK.COM, MATARAM - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd mengatakan, satu di antara kekuatan NTB adalah lingkungan yang bersih dan sehat.

Demi menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat, pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) di bawah duet kepemimpinan Zulkieflimansyah- Sitti Rohmi Djalilah menggulirkan program NTB Bersih, NTB Hijau atau dikenal pula dengan zero waste.

Baca juga: Ponpes Baiturrahim di Lombok Timur Ajari Santri untuk Menjaga Lingkungan Lewat Tadabbur Alam

Baca juga: Hari Lingkungan Hidup Sedunia: Pertambangan Dominasi Investasi NTB, Aktivis Lingkungan Angkat Bicara

"NTB bersih ini masalah manajemen sampah, NTB hijau itu masalah penghijauan. Karena kita sadar betul, salah satu kekuatan NTB dan Indonesia ini adalah lingkungannya," kata Sitti Rohmi Djalilah seperti dikutip dari YouTube TribunLombok.com, Rabu (29/6/2022).

Dalam wawancara khusus dengan jurnalis tribunlombok.com, Wakil Gubernur (Wagub) NTB Hj. Sitti Rohmi Djalilah mengatakan, alam NTB indah dan subur. Hal itu harus dijaga dengan merawat lingkugannya agar bersih dan hijau.

"Bagaimana jadinya gak dipelihara? Yang namanya lingkungan kalau kita serakah, kalau kita maunya sendiri sebagai manusia maunya ngambil saja tapi tidak mau memberi, kan rusak ini. Kalau sudah rusak berarti konsekuensinya ke anak cucu kita. Makanya saya bilang warisan terbaik bagi kita adalah lingkungan yang sehat, lingkungan yang baik," kata Sitti Rohmi Djalilah.

Wagub menekankan pengelolaan sampah mesti menjadi perhatian utama semua pihak. Pengelolaan sampah dimulai dari rumah tangga masing-masing.

"Kita sadar betul bahaya yang mengancam kita, betapa banyaknya sampah yang masuk ke laut. Betapa banyaknya makhluk hidup yang dirugikan oleh sampah. Kalau sampah itu dikelola dengan baik, dipilah saja itu sudah menjadi sesuatu yang bermanfaat. Nah, itulah yang kita coba perjuangkan," ujarnya.

Wagub mengakui upaya itu tidak mudah terutama untuk menyatukan langkah dengan semua kabupaten/kota.

"Memang tidak gampang, dan tidak semua orang semindset dengan kita. Menyatukan mindset juga tidak gampang," tuturnya.

Namun, seiring berjalannya waktu, hampir semua daerah di NTB kini berlomba-lomba menjaga kebersihan di wilayahnya.

"Alhamdulillah step by step kabupaten/kota juga nyambung gitu. Seperti Lombok Barat dia punya program ijo nol dedoro ya sama dengan Mataram juga sudah mulai. Sekarang kita lihat kan di Mataram di jalan-jalan besar ini tidak menumpuk sampah," katanya.

Menurut Wagub Sitti Rohmi Djalilah, pengelolaan sampah menjadi hal yang wajib, harus dilakukan. Begitu pula dengan penghijauannya. "Makanya kita betul-betul mendorong kebersamaan ini," tandasnya. (*)

 

Sumber: Tribun Lombok
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved