Timnas Indonesia

Prediksi Timnas Indonesia Vs Bangladesh: Shin Tae-yong Singgung Kualitas Striker dan Bek Tengah

Saat konferensi pers, Shin Tae-yong sempat mendapat pertanyaan soal striker dan bek tengah timnas Indonesia.

Editor: Dion DB Putra
SEA Games XXXI
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. 

TRIBUNLOMBOK.COM- Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyinggung kualitas striker dan bek tengah menjelang laga persahabatan melawan Bangladesh.

Duel timnas Indonesia vs Bangladesh merupaka laga uji coba bertajuk FIFA Matchday yang akan berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Rabu (1/6/2022) malam.

Saat konferensi pers, Shin Tae-yong sempat mendapat pertanyaan soal striker dan bek tengah timnas Indonesia.

Baca juga: Pelatih Shin Tae-yong Panggil Nadeo dan Irfan Jaya Memperkuat Timnas Senior Melawan Bangladesh

Baca juga: Laga Kontra Thailand Diwarnai Keributan & 4 Kartu Merah, Shin Tae-yong: Tidak Elok Menyalahkan Wasit

Pelatih asal Korea Selatan itu mengaku masih kesulitan mencari striker dan bek tengah Indonesia yang berkualitas.

Sebab, striker dan bek tengah lokal sangat jarang mendapatkan kesempatan bermain di Liga Indonesia.

Atas dasar itu, Shin Tae-yong berharap tim-tim di Indonesia memberi jam terbang lebih banyak kepada striker dan bek lokal untuk membuat timnas Indonesia lebih baik.

"Masalah Liga Indonesia saat ini adalah banyak sekali striker dan bek tengah asing. Hal itu, membuat pemain lokal tidak bisa berkembang dengan baik," kata Shin Tae-yong.

"Harusnya, pemain Indonesia entah itu striker atau bek tengah mendapatkan banyak kesempatan bermain. Dengan demikian, peman tersebut akan memiliki banyak pengalaman," ujar Shin Tae-yong menambahkan.

"Kemampuan mereka akan semakin meningkat seiring banyaknya menit bermain. Namun, hal itu tidak bisa dilakukan saat ini," tutur pelatih asal Korea Selatan itu.

"Jadi, itu tugas berat untuk saya sampai saat ini (mencari striker). Soal striker ini selalu menjadi masalah. Namun, saya akan berusaha menyelesaikannya," ujar Shin Tae-yong.

Striker atau penyerang tengah memang masih menjadi titik lemah timnas Indonesia pada era kepelatihan Shin Tae-yong. Sebagai contoh, Shin Tae-yong pernah memanggil empat striker untuk memperkuat timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Mereka adalah Ezra Walian, Hanis Saghara, dan Kushedya Hari Yudo, dan Dedik Setiawan. Namun, performa empat pemain itu tidak memuaskan dalam urusan mencetak gol.

Dari empat nama di atas, hanya Ezra Walian yang berhasil mencetak gol di Piala AFF 2020. Sebelum Piala AFF 2020, Shin Tae-yong sebenarnya sempat memanggil striker naturalisasi asal Montenegro milik Bali United, Ilija Spasojevic, pada Mei 2021.

Spaso kala itu dipersiapkan untuk tampil di Kualifkasi Piala Dunia 2022. Namun, Spaso dicoret Shin Tae-yong menjelang keberangkatan timnas Indonesia ke Dubai.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved