Menuju Pilpres 2024, Ini Hasil Survei Elektabilitas Menteri Jokowi

Disusul, Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Gerindra Prabowo mengekor di urutan kedua dengan elektabilitas 23,9 persen.

Editor: Lalu Helmi
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Presiden Joko Widodo memperkenalkan menteri Kabinet Indonesia Maju dan pejabat setingkat menteri sebelum pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). 

TRIBUNLOMBOK.COM - Jika mengacu hasil survei Indikator Politik pada April 2022, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi bakal capres di posisi teratas dengan elektabilitas sebesar 26,7 persen.

Disusul, Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Gerindra Prabowo mengekor di urutan kedua dengan elektabilitas 23,9 persen.

Kemudian diurutan ketiga ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 19,4 persen.

Baca juga: Menuju Pilpres 2024: Ini Cara Menteri Jokowi Tebar Pesona, Foto Mejeng di Mesin ATM hingga Baliho

Baca juga: Mulai Silaturrahmi ke Tokoh Nasional, Usaha Ridwan Kamil Amankan Tiket Pilpres 2024?

Di papan tengah, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memiliki elektabilitas 3,5 persen, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 3,2 persen.

Sedangkan Menparekraf yang juga politikus Gerindra Sandiaga Uno mendapatkan 2,4 persen dan Menteri BUMN Erick Thohir 2,4 persen.

Berikutnya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 1,9 persen, Mensos Tri Rismaharini 1,3 persen, dan Ketua DPR RI Puan Maharani 1,1 persen.

Di bawah satu persen ada nama Menko Polhukam Mahfud MD 0,7 persen, Ketum Golkar Airlangga Hartarto 0,5 persen, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar 0,5 persen, Menkeu Sri Mulyani 0,4 persen, mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo 0,4 persen, serta Ketua MPR RI Bambang Soesatyo 0,3 persen.

Sedangkan, menurut Survei Charta Politika yang dilakukan pada 10-17 April 2022 terhadap simulasi 10 nama tokoh, menunjukan nama Ganjar menempati posisi teratas dengan persentase 29,2 persen.

Kemudian disusul Prabowo Subianto 23 persen, dan Anies 20,2 persen.

Survei Evaluasi Kebijakan Pemerintah dan Peluang Kandidat Capres-Cawapres 2024 ini juga memuat beberapa nama tokoh lainnya pada survei ini memperoleh elektabilitas di bawah 5 persen.

Mereka di antaranya adalah Sandiaga Uno (4,9 persen), Ridwan Kamil (4,8 persen), Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY (3,4 persen), Khofifah Indar Parawansa (3,3 persen), Puan Mahasani (1,8 persen), Erick Thohir (1,5 persen), dan Airlangga Hartarto (1 persen).

 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com

 

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved