SEA Games

Sepak Bola SEA Games: Timnas Indonesia Harus Bangkit Lawan Timor Leste

Bertanding di Stadion Viet Tri, Phu Tho, timnas U23 Indonesia tak mampu meladeni permainan Vietnam sehingga harus menyerah tiga gol tanpa balas.

Editor: Dion DB Putra
PSSI
Pemain Indonesia Egy Maulana Vikri (kiri) berduel dengan pemain Vietnam pada laga perdana Grup SEA Games, Jumat (6/5/2022) malam. Indonesia kalah 0-3. 

TRIBUNLOMBOK.COM, VIETNAM - Timnas U23 Indonesia asuhan Shin Tae-yong harus mengakui keunggulan Vietnam pada laga perdana Grup A SEA Games 2021, Jumat (6/5/2022) malam.

Bertanding di Stadion Viet Tri, Phu Tho, timnas U23 Indonesia tak mampu meladeni permainan Vietnam sehingga harus menyerah tiga gol tanpa balas.

Baca juga: Timnas U23 Indonesia Usung Misi Berat dalam Laga Perdana SEA Games Melawan Vietnam

Baca juga: Pelatih Bali United Tanggapi Positif Pencoretan Irfan Jaya dari Timnas SEA Games

Bintang kemenangan Vietnam asuhan Park Hang-seo kali ini adalah Nguyen Tien Linh yang berhasil mencetak satu gol dan assist. Gol Tien Linh diciptakan pada menit ke-54.

Tien Linh kemudian menyumbang assist untuk gol kapten Vietnam, Hung Dung Do pada menit ke-74. Adapun gol ketiga Vietnam dicetak oleh Le Van Do tiga menit menjelang pertandingan berakhir.

Sepanjang pertandingan, timnas U23 Indonesia yang bermain dengan formasi menyerang 4-3-3 sangat kesulitan mengembangkan permainan.

Serangan timnas U23 Indonesia sangat sering terhenti di sepertiga pertahanan Vietnam entah itu karena buruknya final pass pemain hingga kekurangan jumlah pemain.

Kekalahan dari Vietnam membuat timnas U23 Indonesia kini tertahan di peringkat keempat klasemen Grup A SEA Games 2021 tanpa perolehan poin. Timnas U23 Indonesia hanya unggul selisih gol atas Timor Leste yang terpuruk di dasar klasemen atau peringkat kelima Grup A.

Timor Leste kini menjadi juru kunci klasemen Grup A SEA Games 2021 setelah kalah telak empat gol tanpa balas dari Filipina. Di sisi lain, Vietnam selaku tuan rumah dan juara bertahan kini menempati peringkat kedua tepat di bawah Filipina.

Selanjutnya, timnas U23 Indonesia dijadwalkan menghadapi Timor Leste pada laga kedua Grup A SEA Games 2021, Selasa (10/5/2022) malam.

Setelah kalah dari Vietnam, timnas U23 Indonesia wajib segera berbenah dan bangkit pada laga melawan Timor Leste. Jika kembali kalah dari Timor Leste, peluang timnas U23 Indonesia lolos ke semifinal SEA Games 2021 tentu akan semakin mengecil.

Timnas U23 Indonesia kemungkinan besar sudah diperkuat Asnawi Mangkualam pada laga kontra Timor Leste.

Asnawi Mangkualam terpaksa absen pada laga melawan Vietnam karena belum dilepas oleh timnya, Ansan Greeners (Korea Selatan). Shin Tae-yong bisa dikatakan sangat membutuhkan Asnawi Mangkualam.

Sebab, sisi kanan menjadi salah satu titik lemah timnas U23 Indonesia pada laga kontra Vietnam. Dua dari tiga gol Vietnam berawal dari umpan atau pergerakan di sisi kanan pertahanan timnas U23 Indonesia.

Adapun Ilham Rio Fahmi yang ditugaskan mengisi pos bek kanan timnas U23 Indonesia pada laga kontra Vietnam masih sering melakukan kesalahan mendasar.

Ilham Rio Fahmi kerap kali kalah berduel dengan pemain-pemain sayap Vietnam yang hendak masuk ke kotak penalti timnas U23 Indonesia.

Asnawi Mangkualam kemungkinan besar akan menggatikan Ilham Rio Fahmi jika sudah bisa bermain pada laga kontra Vietnam. (kompas.com)

Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved