Kemenkes Terima Laporan Empat Kasus Baru Diduga Hepatitis Akut di Luar Kota Jakarta

Menurut Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi, ada tambahan empat kasus dugaan penularan Hepatitis Akut di luar Jakarta.

Editor: Dion DB Putra
DOK HUMAS KEMENKES RI
Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi. 

TRIBUNLOMBOK.COM,JAKARTA - Masyarakat hendaknya tetap waspada terhadap penyakit hepatitis misterius yang menginfeksi anak.

Menurut Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi, ada tambahan empat kasus dugaan penularan Hepatitis Akut di luar Jakarta.

Laporan tersebut mengidentifikasi terjadinya sindrom kuning pada anak. Akan tetapi, Nadia menegaskan seluruh laporan kejadian itu masih diverifikasi lebih lanjut.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Tidak Memicu Hepatitis Akut Misterius pada Anak

Baca juga: Cara Mencegah Hepatitis Akut Misterius yang Menginfeksi Anak-anak

"Ada beberapa laporan sindrom kuning tapi masih verifikasi ya. Ada tambahan kasus yang dilaporkan sejak kewaspadaan dilakukan. Sebanyak 3-4 kasus yg dilaporkan dalam proses verifikasi," ujar Nadia, Kamis (5/5/2022).

Menurut Nadia, semua kejadian tersebut berada di luar Kota Jakarta. "Ada di sejumlah daerah di luar Jakarta," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak tiga pasien anak yang dirawat di RS Dr. Ciptomangunkusumo Jakarta meninggal dunia diduga karena terjangkit Hepatitis akut misterius.

Nadia mengatakan, ketiga pasien yang meninggal ini merupakan rujukan dari rumah sakit yang berada di Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

Kemenkes telah meningkatkan kewaspadaan dalam dua minggu terakhir seusai WHO menyatakan kasus hepatitis akut yang menyerang anak-anak yang belum diketahui penyebabnya ini ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

Nadia menjelaskan, pihaknya bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta melakukan investigasi kontak untuk mengetahui faktor risiko terhadap diduga tiga kasus Hepatitis Akut pada anak.

Berdasarkan hasil investigasi, tiga anak yang meninggal dunia tersebut datang ke RS dalam kondisi stadium lanjut.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved