Dibiayai AIIB, Realisasi Proyek Mandalika Urban and Infrastructure Project Capai Rp 623,6 Miliar

Capaian realisasi ini diperoleh dari akumulasi sejumlah pekerjaan yang masuk dalam MUTIP Paket I dan II yang mencakup area seluas 450 hektare

Penulis: Sinto | Editor: Wahyu Widiyantoro
TRIBUNLOMBOK.COM/SINTO
Ilustrasi pembangunan jalan akses sebanyak 20 ruas jalan dengan total panjang 15,50 kilometer, jalur pejalan kaki (pedestrian), saluran drainase, box utility sepanjang 6.000 meter di kawasan KEK Mandalika, Lombok Tengah. 

Laporan Wartawan TribunLombok.com, Sinto

TRIBUNLOMBOK.COM, LOMBOK TENGAH - Pembangunan infrastruktur dasar di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika terus berjalan sesuai rencana dan target meski digarap pada masa pandemi Covid-19.

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan dengan brand The Mandalika ini sedang membangun Mandalika Urban Tourism and Infrastructure Project (MUTIP).

Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer menyampaikan, program MUTIP dibiayai sepenuhnya oleh Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) sekaligus pembiayaan pertama secara mandiri yang dilakukan AIIB.

Baca juga: Perawatan Rutin Sirkuit Mandalika, Lintasan Disemprot Vacuum Jet Truck hingga Area Dijaga Brimob

Baca juga: ITDC Habiskan Rp 1,7 Triliun Bangun Infrastruktur Dasar Pendukung Sirkuit Mandalika, Ini Rinciannya

Pria yang pernah menjadi Komisaris di PT Aetra Air ini mengatakan, pembiayaan di The Mandalika adalah yang pertama untuk AIIB bagi kegiatan pembangunan infrastruktur pariwisata.

Realisasi pembangunan MUTIP kini mencapai 36,82 persen atau setara dengan Rp 623,6 miliar dari total kontrak Paket I dan II sebesar Rp 1,7 triliun.

Capaian realisasi ini diperoleh dari akumulasi sejumlah pekerjaan yang masuk dalam MUTIP Paket I dan II yang mencakup area seluas 450 hektare di KEK Mandalika.

Beberapa pembangunan tersebut antara lain pembangunan jalan akses sebanyak 20 ruas jalan dengan total panjang 15,50 kilometer, jalur pejalan kaki (pedestrian), saluran drainase, box utility sepanjang 6.000 meter, hingga penerangan jalan umum (PJU).

"Selain itu, dibangun pula pagar kawasan, enam area parkir, landscaping serta pekerjaan pembuatan gerbang timur dan barat kawasan," ujar Abdul Bar M. Mansoer yang juga almamater Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada ini.

Suasana pembangunana area parkir dan Gerbang Timur Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.
Suasana pembangunana area parkir dan Gerbang Timur Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. (ISTIMEWA)

Ke-20 ruas jalan ini merupakan akses penghubung antar satu spot pariwisata dengan spot lainnya di dalam kawasan The Mandalika.

"Saat ini, pekerjaan jalan pada ruas-ruas tersebut dalam proses pembuatan saluran, proses rigid pavement (pembetonan), curing, dan pemasangan lampu penerangan," pungkas Abdulbar.

(*)

Sumber: Tribun Lombok
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved