Ketahui Gejala Gangguan Depresi Mayor Berikut Faktor Risikonya

Gangguan depresi mayor digambarkan dengan adanya kehilangan ketertarikan atau kesenangan terhadap aktivitas yang biasa dilakukan

pixabay.com
Ilustrasi depresi 

TRIBUNLOMBOK.COM - Gangguan depresi mayor atau sering dikenal Major Depressive Disorder dengan ditandai gangguan mental.

Gangguan mental ini sering terjadi dengan rendah diri secara terus-menerus, kehilangan minat dalam kegiatan normal (anhedonia), serta semangat yang rendah.

Dilansir dari myjurnal.poltekkes-kdi.ac.id, gangguan depresi mayor digambarkan dengan adanya kehilangan ketertarikan atau kesenangan terhadap aktivitas yang biasa dilakukan.

Baca juga: Berikut Gejala serta Penyebab Autisme, Termasuk Senang Menyendiri hingga Enggan Berbagi

Baca juga: Berikut Cara Mengetahui Gejala Gangguan Bipolar serta Penyebabnya

Ragam gejala gangguan depresi mayor ini berupa, gangguan fungsi sosial dan aktivitas yang terjadi selama kurang lebih dua minggu.

Orang yang memiliki gangguan depresi mayor akan mengalami selera makan yang buruk serta, kehilangan atau bertambah berat badan secara drastis.

Selain itu, gejala lainnya di antaranya memiliki masalah tidur atau tidur terlalu banyak, dan tiba-tiba gelisah secara fisik.

Perlu diketahui gangguan ini memiliki nama lain depresi, depresi mayor, gangguan afektif depresi mayor, depresi unipolar, gangguan unipolar, serta gangguan mood unipolar.

Berikut ini faktor-faktor risiko gangguan depresi mayor ini dikutip dari The National Institute of Mental Health (NIMH) Amerika Serikat, sebagai berikut:

- Riwayat keluarga atau pribadi serta penyalahgunaan obat

- Penyakit kronis

Halaman
12
Sumber: Tribun Lombok
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved