Breaking News:

MotoGP Mandalika 2022

FIM Turun Uji Homologasi Aspal Sirkuit Mandalika Hari Ini

Tiga hari menjelang balap MotoGP Mandalika 2022, Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM), turun uji homologasi aspal Sirkuit Mandalika.

Penulis: Sinto | Editor: Sirtupillaili
Dok.Pemprov NTB
Menteri BUMN Erick Tohir bersama Gubernur NTB Zulkieflimansyah meninjau trek Sirkuit Mandalika yang baru selesai diaspal, Jumat 11 Maret 2022. 

Laporan Wartawan Tribunlombok.com, Sinto

TRIBUNLOMBOK.COM, LOMBOK TENGAH - Tiga hari menjelang balap MotoGP Mandalika 2022, Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM), turun melakukan uji homologasi aspal Sirkuit Mandalika, Senin, 14 Maret 2022.

FIM merupakan organisasi internasional di bidang olahraga sepeda motor.

Kedatangan tim FIM tersebut dikonfirmasi langsung Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria, Minggu, 13 Maret 2022.

Priandhi menyampaikan, penyelenggara MotoGP Mandalika sangat percaya diri aspal Sirkuit Mandalika layak untuk balapan internasional tersebut.

Pria yang besar di kancah off-road ini menyampaikan, pihak PP, ITDC, MGPA, dan konsultan asing telah melakukan pengaspalan ulang (resufarcing) Sirkuit Mandalika.

Proyek dilakukan sejak 5 Maret 2022 dan telah selesai tepat waktu.

Baca juga: Panduan CHSE di Shuttle Bus dan Layanan Kesehatan saat MotoGP Mandalika 2022

Pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika bahkan selesai lebih cepat dari waktu yang ditentukan, yaitu tanggal 9 Maret 2022 dari target 10 Maret 2022.

"Pengaspalan ulang ini kami tetap berkoordinasi dengan pihak Dorna dan FIM ya melalui grup WhatsApp. Jika ada saran dan rekomendasi kami langsung lakukan tindakan," jelas Priandhi.

Baca juga: Daftar Toko Oleh-oleh di Kawasan Senggigi untuk Penonton MotoGP Mandalika 2022

Priandhi menyampaikan, saat ini aspal Sirkuit Mandalika sedang dilakukan pembersihan dengan penyemprotan air tekanan tinggi.

Hal ini dilakukan agar minyak yang menempel dibatu dan kerikil sirkuit tersebut hilang.

"Kalau lapisan minyaknya hilang maka roda motor pembalap grip atau cengkeramannya akan lebih kuat," tambah Priandhi.

Priandhi mengaku bersyukur karena setelah pengaspalan ulang hujan deras mengguyur area resufarcing Sirkuit Mandalika.

Aspal yang baru tersebut diperlukan "cooling down" karena di dalam lapisan aspal sangat panas sehingga diperlukan pendinginan.

"Artinya bukan hanya aspal saja yang akan dinilai namun pengecatan ulang area kerb, tikungan pertamina, dan beberapa rekomendasi yang disampaikan saat event tes pramusim juga akan diperiksa," tutupnya.

(*)

Sumber: Tribun Lombok
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved