Breaking News:

Berita NTB

Kodam IX/Udayana dan PT AMMAN Bantu Masyarakat Nusa Tenggara Barat Atasi Kesulitan Air Bersih

Pompa hidran dengan empat saluran pipa ini dapat menyalurkan air bersih dari sumber mata air Sungai Brang Puna untuk lebih dari 850 warga Desa Tatar.

Editor: Dion DB Putra
FOTO ISTIMEWA/DOK PT AMMAN
Acara syukuran dan peresmian pompa hidran di Desa Tatar, Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) pada Jumat 7 Januari 2022. 

TRIBUNLOMBOK.COM, SUMBAWA BARAT – Kodam IX/Udayana menggandeng PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) membantu pompa hidran bagi masyarakat di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dalam rilis yang diterima TribunLombok.com, Rabu 12 Januari 2022 disebutkan, sebanyak tiga unit pompa dipasang di tiga desa, salah satunya di Desa Tatar, Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Pompa hidran dengan empat saluran pipa ini dapat menyalurkan air bersih dari sumber mata air Sungai Brang Puna untuk lebih dari 850 warga Desa Tatar.

Baca juga: Polres Sumbawa Catat 128 Kasus Pidana Selesai Melalui Mekanisme Keadilan Restoratif

Baca juga: Letusan Gunung Tambora di Pulau Sumbawa Terdahsyat dalam 10 Ribu Tahun Terakhir

Acara syukuran dan peresmian pompa hidran berlangsung pada Jumat 7 Januari 2022 dihadiri perwakilan Kodam IX/Udayana, Pemerintah KSB, AMMAN, dan perangkat Desa Tatar.

Dalam sambutannya, Dandim 1628/SB Letkol Czi. Sunardi ST mengatakan bantuan hidran merupakan kegiatan non-program dari Kodam IX/Udayana untuk membantu masyarakat mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Hingga saat ini, Kodam IX/Udayana telah menginisasi pembangunan lebih dari 200 pompa hidran yang tersebar di berbagai wilayah pedesaan di Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Bali.

“Kami sangat mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan bersama AMMAN, sehingga secara bersama-sama kita dapat melihat langsung manfaat yang didapatkan masyarakat dengan terbangunnya fasilitas ini. Semoga fasilitas ini bisa dijaga bersama-sama, sehingga bertahan untuk jangka waktu yang lama,” ujar Sunardi.

Dalam kesempatan terpisah, Head of External Relations AMMAN, Susanto Lim, mengatakan bantuan pompa hidran merupakan wujud komitmen perusahaan dalam menciptakan warisan terbaik bagi masyarakat.

“Sebagai perusahaan tambang dengan wilayah operasional di KSB, kami terus berupaya untuk melakukan sinergi dengan berbagai pemangku kepentingan dalam memenuhi kebutuhan dasar dari masyarakat yang berada di wilayah lingkar tambang."

"Kerja sama dengan Kodam IX/Udayana dalam pembangunan serta donasi pompa hidra ini merupakan wujud upaya kami dalam mengatasi permasalahan dasar masyarakat, yaitu kekurangan air bersih di pedesaan terutama ketika musim kemarau,” kata Susanto Lim.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved