Breaking News:

Berita NTB

XL Serius Mendukung Kemajuan NTB Melalui Ketersediaan Jaringan dan Layanan Telekomunikasi

XL upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan seiring terus meningkatnya trafik layanan data.

Editor: Dion DB Putra
ISTIMEWA/diansiswarini.com
Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini 

TRIBUNLOMBOK.COM - Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus mendukung visi pemerintah dalam percepatan sekaligus pemerataan pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi dan data di seluruh Indonesia.

Dalam rilis yang diterima TribunLombok.com, Senin 20 Desember 2021, Dian Siswarini mengatakan, beberapa tahun terakhir XL Axiata terus melakukan investasi untuk membangun jaringan fiber, transmisi, backhaul, dan modernisasi jaringan.

Baca juga: Tak Terima dengan Pernyataan Nikita Mirzani, Kakak Laura Anna: Adikku Sudah Lupakan Gaga Muhammad

Baca juga: Bertemu Wanita Mirip Vanessa Angel, Ekspresi Gala Sky Jadi Sorotan, Ini Kata Adik Bibi Ardiansyah

XL pun upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan seiring terus meningkatnya trafik layanan data di luar Jawa termasuk di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Di provinsi ini, XL Axiata memiliki market share yang cukup besar sekitar 50 persen dengan jumlah pelanggan lebih dari 2,5 Juta.

Dian Siswarini menjelaskan, pembangunan infrastruktur jaringan yang dilakukan oleh XL Axiata juga didasari oleh wilayah strategis NTB dengan beragam potensi wisata yang dikunjungi masyarakat dunia dan menjadi wajah Indonesia.

"Sehingga penting bagi XL untuk serius mendukung kemajuan NTB melalui ketersediaan jaringan dan layanan telekomunikasi," ujarnya.

Dikatakannya, XL Axiata telah hadir di NTB dengan jaringan 4G sejak tahun 2015. Saat ini jaringan XL Axiata untuk area NTB ditopang lebih dari 5.700 BTS, termasuk lebih dari 2.200 BTS 4G.

Untuk mendukung kenyamanan dan kualitas layanan, XL Axiata juga membangun dan menyediakan infrastruktur jarungan fiber optik yang menjangkau seluruh provinsi di Kawasan Timur Indonesia, serta menghubungkannya dengan pulau Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Kalimantan dan Sulawesi.

"Khusus untuk di area KEK Mandalika yang sedang gencar-gencarnya dipromosikan oleh pemerintah, XL Axiata telah mengoperasikan 9 BTS 4G yang termasuk di dalamnya Sirkuit Mandalika," jelasnya.

Dian berharap dengan adanya jaringan 4G itu, pelaksanaan event nasional dan internasional di Sirkuit Mandalika berjalan lancar dari sisi komunikasi data.

Selain itu, para wisatawan nyaman menggunakan jaringan XL Axiata saat berwisata di spot-spot yang menarik di kawasan Mandalika dan sekitarnya.

Menurut dia, pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan data di NTB juga dilakukan oleh XL Axiata melalui skema kemitraan dengan pemerintah melalui skema Universal Service Obligation (USO), yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

"Saat ini kami mengoperasikan sebanyak 8 BTS USO di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) yakni 2 BTS di Lombok serta 6 BTS di Sumbawa. Untuk BTS USO di Sumbawa terdapat di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bima, Kabupaten Sumbawa, dan Kabupaten Sumbawa Barat," katanya.

"Ke depan, tentunya kami masih akan terus memperluas cakupan layanan dan meningkatkan kualitas layanan kami di wilayah NTB sebagai wujud komitmen kami terus berpartisipasi dan berkontribusi membangun Indonesia digital termasuk masyarakat di wilayah NTB melalui penyedian jaringan berkualitas dan berbagai jenis layanan sesuai kebutuhan," tambah Dian Siswarini. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved