Breaking News:

Sri Mulyani Sebut 10 Juta Keluarga Mendapat Bantuan Pemerintah dan Tidak Perlu Bayar Pajak

Dia menyebutkan, sebanyak 10 juta keluarga di negeri ini malah mendapat bantuan dari pemerintah dan tidak perlu bayar pajak.

Editor: Dion DB Putra
KOMPAS.COM/GARRY ANDREW LOTULUNG
Menteri Keuangan Sri Mulyani. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNLOMBOK.COM, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, tidak semua Warga Negara Indonesia (WNI) mampu membayar pajak.

Dia menyebutkan, sebanyak 10 juta keluarga di negeri ini malah mendapat bantuan dari pemerintah dan tidak perlu bayar pajak.

Baca juga: Pimpinan MPR Minta Presiden Jokowi Copot Sri Mulyani dari Jabatannya sebagai Menteri Keuangan

Baca juga: Pemerintaah Akan Tarik Pajak untuk Sembako? Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani

"Kalau Anda tidak punya pendapatan, Anda tidak bayar pajak dan kalau Anda tidak punya kemampuan, Anda dibantu negara. Contohnya 10 juta keluarga di Indonesia itu mereka tidak bayar pajak, mereka diberi Program Keluarga Harapan," ujarnya dalam acara Sosialisasi UU HPP di Bandung, Jawa Barat, Jumat 17 Desember 2021.

Menurut Sri Mulyani, anak program PKH diberikan santunan untuk beasiswa, ibu hamil dan kalau di keluarga itu ada lansia juga diberikan tambahan bantuan.

"Masih ditambah lagi sembako, jadi PKH plus sembako. Mereka tidak bayar pajak, mereka sudah pasti tidak bayar pajak karena mereka adalah keluarga tidak mampu," katanya.

Dikatakannya, jika seseorang memiliki pendapatan ratusan juta per tahun, maka tidak ada lagi konsekuensi untuk tidak membayar pajak.

"Kalau Anda bekerja, pendapatan Anda Rp 20 juta sebulan, itu berarti Rp 240 juta per tahun ya pantas-pantasnya bayar pajak. Bayar pajaknya buat apa? Bukan untuk dikumpulkan oleh Kementerian Keuangan, dipakai untuk bantuin yang tidak mampu tadi dan untuk membangun infrastruktur," kata Sri Mulyani.

Main Kripto Harus Bayar Pajak

Kementerian Keuangan memberikan jawaban terkait pengenaan pajak dalam bermain mata uang kripto atau cryptocurrency.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved