Breaking News:

Buku Tematik

Kunci Jawaban Tema 4, Kelas 4 SD, Halaman 145, Aku Cinta Membaca: Polisi Hutan, Menjaga Kelestarian

Simak Kunci Jawaban Tema 4, Kelas 4 SD, Halaman 145, Aku Cinta Membaca: Polisi Hutan, Menjaga Kelestarian.

Penulis: Wulan Kurnia Putri | Editor: wulanndari
Tangkap Layar Tema 4, Kelas 4 SD
Kunci Jawaban Tema 4, Kelas 4 SD, Halaman 145, Aku Cinta Membaca: Polisi Hutan, Menjaga Kelestarian 

TRIBUNLOMBOK.COM - Simak Kunci Jawaban Tema 4, Kelas 4 SD, Halaman 145, Aku Cinta Membaca: Polisi Hutan, Menjaga Kelestarian.

Tema 4 yaitu Berbagai Pekerjaan.

Pertemuan 5 dimulai dari halaman 145.

Materi yang dibahas yaitu ‘Polisi Hutan, Menjaga Kelestarian’.

Sebelum melihat kunci jawaban, sebaiknya siswa memahami terlebih dahulu kemudian menjawabnya sendiri.

Kunci jawaban hanya sebagai panduan bagi orang tua untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Baca juga: Kunci Jawaban Halaman 115 dan 116, Buku Tematik, Tema 5, Pembelajaran 6, Subtema 2, Kelas 6 SD

Polisi Hutan, Menjaga Kelestarian

Tahukah pekerjaan seorang Polisi Hutan? Aku beruntung karena memiliki seorang paman yang bekerja sebagai Polisi Hutan. Paman Azis saat ini berdinas di Pulau Komodo. Pulau ini merupakan taman nasional yang dikenal oleh dunia karena dihuni oleh komodo, reptil langka yang hanya ada di pulau tersebut.

Mengapa di pulau ini harus ada Polisi Hutan? Pulau Komodo merupakan salah satu wilayah konservasi yang harus dijaga kelestariannya. Semakin langka hewan atau tumbuhan, semakin banyak wisatawan yang ingin datang melihatnya. Jika tidak dijaga, akan banyak pula wisatawan yang melanggar aturan berkunjung di wilayah konservasi. Jika tidak ada yang mengawasi, wilayah tersebut akan rusak oleh wisatawan. Bukan sekedar rusak keindahan alamnya, namun rusak pula kondisi habitat hewan dan tumbuhannya.

Nah, di Pulau Komodo Paman Azis dan teman-temannya bertugas mengingatkan pengunjung untuk taat kepada aturan yang ditetapkan untuk pulau tersebut. Pengunjung yang datang ke pulau ini harus menjaga kenyamanan habitat komodo. Selain untuk menjaga kelestarian komodo, juga untuk menjaga keamanan pengunjung. Komodo adalah binatang buas pemakan daging. Untuk itu, pengunjung harus selalu berada dalam rombongan yang didampingi oleh Polisi Hutan. Sebagai Polisi Hutan, Paman Azis juga memiliki pengetahuan yang lengkap tentang komodo dan wilayah habitatnya. Jadi, Paman Azis juga menjadi pemandu yang memperkaya pengetahuan pengunjung tentang hewan langka tersebut. Paman Azis pun harus dapat bertindak tegas pada wisatawan yang seringkali ingin mengabadikan komodo dari jarak dekat.

Tanggung jawab Paman Azis dan teman-temannya cukup berat. Mereka harus menjaga agar Pulau Komodo tetap menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi hewan langka tersebut. Polisi Hutan berperan penting dalam menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan di wilayahnya, agar tetap ada untuk dikenal dan dipelajari oleh manusia.

[Santi Hendriyeti]

Disclaimer:

- Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.
- Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

(*)

Sumber: Tribun Lombok
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved