Breaking News:

Direktorat KSKK Madrasah Kukuhkan 50 Duta Harmoni

Ada 40 Duta dikukuhkan sesuai kategori berdasar “keunikan” rencana aksinya, 7 orang dikukuhkan sebagai “Duta Bertalenta”, dan 3 orang dikukuhkan

ISTIMEWA
Direktorat KSKK Madrasah Kukuhkan 50 Duta Harmoni 

TRIBUNLOMBOK.COM - Indonesia adalah Negara yang kaya akan sumber daya.

Bahkan berpotensi menjadi kekuatan ekonomi di masa mendatang.

Tetapi, hal ini tidak mungkin terwujud tanpa adanya situasi dan kondisi kehidupan masyarakat yang hamonis dan damai.

“Ada prasyarat dasar yang perlu terus menerus kita pertahankan, yakni kehidupan yang harmonis dan damai diantara masyarakat,” tegas Direktur Jenderal Pendidikan Islam Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, M.T pada pembukaan Pelatihan Mentoring/Motivator Muda Moderasi Beragama Tahun 2021 yang diselenggarakan Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia pada 24-27 November 2021 di Bogor.

Acara ini, menurut Direktur KSKK Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof.Dr.H.Moh Isom, M.Ag, merupakan ikhtiyar dalam mencetak generasi muda Indonesia yang Hebat-Bermartabat, Moderat dan Anti Korupsi.

“Awalnya ada 751 proposal rencana aksi kegiatan yang diajukan oleh siswa-siswi madrasah se-Indonesia. Kami lalu memilih 100 orang untuk diseleksi. Lalu menjadi 50 orang yang merupakan Duta Harmoni mewakili berbagai propinsi di Indonesia,” tandas Prof. Ishom.

Menanggapi hal ini, Prof. Muhammad Ali Ramdhani menekankan bahwa meski suasananya kompetitif, tetapi hasilnya diharapkan dapat menjadi pembelajaran bersama.

“Pada umumnya, pada ajang kompetisi itu orang selalu membagi ke dalam dua kelompok. Ada the winner dan the loser; ada yang menang dan yang kalah. Tapi menurut saya, yang ada nanti haruslah the winner dan the learner; pemenang dan pembelajar. Jika menang maka jangan jumawa, dan jika kalah mari terus belajar,” demikian pesan Prof Ali Ramdhani kepada para peserta.

Direktorat KSKK Madrasah Kukuhkan 50 Duta Harmoni
Direktorat KSKK Madrasah Kukuhkan 50 Duta Harmoni (ISTIMEWA)

Melalui agenda inilah, Prof Ishom melanjutkan, berkaratker moderat siswa madrasah dipupuk dan dikembangkan.

Agar mereka tidak kehilangan jati diri dan karakternya sebagai manusia Indonesia.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved