Breaking News:

Superbike Mandalika 2021

Simulasi Pengamanan Bandara Jelang WSBK, Teror Kelompok Radikal Berhasil Dilumpuhkan

Jelang Superbike Mandalika 2021, simulasi pengamanan (security exercise) digelar di Bandara Lombok, Jumat (5/11/2021).

Dok. Bandara Lombok
SIMULASI PENGAMANAN: Suasana saat tim gabungan melakukan simulasi pengamanan di Bandara Internasional Lombok, Jumat (5/11/2021).   

Laporan Wartawan TribunLombok.com, Sirtupillaili

TRIBUNLOMBOK.COM, LOMBOK TENGAH - Menjelang digelarnya beberapa ajang balap kelas dunia di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), simulasi pengamanan (security exercise) digelar di Bandara Lombok, Jumat (5/11/2021).

Pekan depan, dari tanggal 12 hingga 21 November 2021, dua event balap akan digelar di Sirkuit Pertamina Mandalika.

Dimulai dengan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) dan dilanjutkan dengan World Superbike (WSBK).

Simulasi pengamanan di Bandara Lombok bertujuan menguji prosedur penanganan keadaan darurat yang tertuang dalam dokumen Program Keamanan Bandar Udara (PKBU).

Meningkatkan kemampuan personel, penyamaan persepsi, serta cara bertindak setiap personel lapangan dari masing-masing instansi yang tergabung dalam Airport Security Committee (ASC).

Baca juga: Menteri Sandiaga Uno Lari Mengelilingi Sirkuit Mandalika Sejauh 4,3 Kilometer

”Ini dalam rangka mendukung kelancaran penyelenggaraan IATC dan WSBK 2021 di Mandalika,” ujar General Manager Bandara Lombok Nugroho Jati, usai simulasi, Jumat (5/11/2021).

Kegiatan simulasi diikuti 112 orang personel yang berasal dari Airport Security Bandara Lombok, Polres Lombok Tengah, Brimob Polda NTB, TNI AU Lanud ZAM, TNI AD Kodim 1620/Lombok Tengah.

Serta Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Lombok.

Nugroho Jati menyatakan, simulasi ini merupakan bagian dari komitmen seluruh instansi terkait untuk melakukan pengamanan, khususnya di area bandara. 

SIMULASI PENGAMANAN: Suasana saat tim gabungan melakukan simulasi pengamanan di Bandara Internasional Lombok, Jumat (5/11/2021).

 
SIMULASI PENGAMANAN: Suasana saat tim gabungan melakukan simulasi pengamanan di Bandara Internasional Lombok, Jumat (5/11/2021).   (Dok. Bandara Lombok)

Dalam simulasi hari ini, kesigapan personel diuji dalam menangani aksi teror berupa ancaman bom dan penyanderaan kelompok radikal yang ingin menggagalkan event di Mandalika.

”Secara keseluruhan, kegiatan simulasi pengamanan bandara ini tidak mengganggu jalannya operasional dan layanan di Bandara Lombok," tambah Nugroho Jati.

Baca juga: Jadi Motor Operasional di Sirkuit Mandalika, 40 Unit Honda ADV Diserahkan ke ITDC

Baca juga: Presiden Jokowi akan Tinjau Mandalika, Menteri Sandiaga Uno Dorong Percepatan Vaksinasi

Selain simulasi pengamanan, Bandara Lombok sebelumnya juga telah melakukan kegiatan simulasi penumpang dan antarmoda pada 26 Oktober 2021.

Simulasi ini untuk memastikan kesiapan operasional dan layanan Bandara Lombok dalam menyambut kedatangan peserta, official, dan penonton ajang balap motor WSBK 2021.

(*)

Sumber: Tribun Lombok
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved