Breaking News:

Pimpinan Media Online Tewas Ditembak, AJI Medan Desak Polisi Tangkap Pelaku

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Medan mengecam aksi pembunuhan terhadap pemimpin redaksi Lassernewstoday.com, Mara Salem Harahap alias Marsal

Penulis: Sirtupillaili | Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
DW.com
Ilustrasi penembakan 

Laporan Wartawan TribunLombok.com, Sirtupillaili

TRIBUNLOMBOK.COM – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Medan mengecam aksi pembunuhan terhadap pemimpin redaksi Lassernewstoday.com, Mara Salem Harahap alias Marsal.

Marsal diberitakan tewas karena luka tembakan, Sabtu (19/6/2021).

”Apa pun alasan yang melatarinya, kekerasan dan aksi main hakim sendiri tidak dapat dibenarkan karena Indonesia adalah negara hukum,” kata Ketua AJI Medan Liston Damanik, dalam siaran persnya, Sabtu (19/6/2021).

Baca juga: Jurnalisme Data dan Komputasi untuk Menangkal Disinformasi di Masa Pandemi

Atas kejadian yang menimpa pimpinan media online tersebut, AJI Medan meminta Polda Sumatera Utara dan Polres Simalungun mengungkap motif pembunuhan.

Serta menangkap pelaku pembunuhan Mara Salem Harahap.

AJI Medan juga meminta Polda Sumatera Utara, Polres Pematangsiantar, Polres Serdangbedagai, dan Polres Binjai melanjutkan proses penyelidikan terhadap kasus kekerasan terhadap jurnalis yang terjadi di wilayahnya.

Baca juga: Koalisi Wartawan Mataram Menuntut Kasus Kekerasan Jurnalis Tempo Diusut Tuntas 

”Ketidakpastian hukum dalam kasus kekerasan terhadap jurnalis menjadi preseden buruk yang merugikan dunia pers, karena tidak memberikan efek jera bagi pelaku kejahatan,” tegasnya.

Kondisi ini juga diduga menjadi penyebab semakin tingginya jumlah dan kualitas kekerasan terhadap jurnalis di Sumatera Utara.

”Kami meminta semua elemen masyarakat mendukung kebebasan pers dan menggunakan mekanisme yang diatur Undang-Undang Pers dalam penyelesaian sengketa pers,” katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lombok
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved