Breaking News:

Prakiraan Cuaca

BMKG: Peringatan Dini Cuaca Buruk Senin 14 Juni 2021, Waspada Hujan Disertai Petir di 27 Wilayah

Waspada hujan lebat disertai petir melanda sejumlah wilayah hari ini, BMKG keluarkan peringatan dini cuaca buruk terjadi pada Senin (14/6/2021)

Editor: wulanndari
Istimewa
Ilustrasi hujan petir - Waspada hujan lebat disertai petir melanda sejumlah wilayah hari ini, BMKG keluarkan peringatan dini cuaca buruk terjadi pada Senin (14/6/2021) 

TRIBUNLOMBOK.COM - Waspada hujan lebat disertai petir melanda sejumlah wilayah hari ini, BMKG keluarkan peringatan dini cuaca buruk terjadi pada Senin (14/6/2021).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem di 27 wilayah Indonesia untuk Senin (14/6/2021).

Sebanyak 19 daerah berpotensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Di antaranya adalah Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, dan Sumatera Selatan.

Sementara itu, delapan wilayah lainnya diperkirakan diguyur hujan yang juga dapat disertai petir dan angin kencang.

Baca juga: Awan Misterius Mirip Tsunami Selimuti Langit Nagan Raya, BMKG Beri Penjelasan: Fenomena Awan Arcus

Baca juga: Heboh Potensi Gempa Besar dan Tsunami di Jawa Timur, BMKG: Harus Dibedakan Prediksi dan Potensi

Dilansir Bmkg.go.id, Sirkulasi Eddy terpantau di sebelah barat Sumatera Utara.

Daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) terpantau memanjang dari Aceh hingga Selat Malaka, di Riau, dari Sumatera Selatan hingga Jambi, dari perairan utara Jawa Tengah hingga Banten.

Kemudian, dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat, dari Maluku Utara hingga Sulawesi bagian utara, dari Maluku hingga Sulawesi bagian tengah, dan dari Papua hingga Papua Barat.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi dan sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Sejumlah kendaraan bermotor berjalan perlahan saat melintasi genangan bajir rob yang menggenangi Jalan Arteri Yos Sudarso, Semarang atau jalur pantura yang menghubungkan Semarang menuju Kudus. Rabu (2/6/21).
Sejumlah kendaraan bermotor berjalan perlahan saat melintasi genangan bajir rob yang menggenangi Jalan Arteri Yos Sudarso, Semarang atau jalur pantura yang menghubungkan Semarang menuju Kudus. Rabu (2/6/21).  (TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA)

Berikut peringatan dini cuaca ekstrem Senin, 14 Juni 2021, dilansir Bmkg.go.id:

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved