Breaking News:

CPNS NTB 2021

Mau Lolos Tes CPNS dan PPPK 2021? Tips Para Tutor Ini Perlu Dipahami Calon Peserta

Menaklukkan soal-soal seleksi kompetensi dasar dalam tes CPNS dan PPPK membutuhkan strategi dan kiat khusus.

TribunWow/Rusinta Mahayu
CPNS 2021. 

Laporan Wartawan TribunLombok.com, Sirtupillaili

TRIBUNLOMBOK.COM, MATARAM – Menaklukkan soal-soal seleksi kompetensi dasar (TKD) dalam tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) membutuhkan strategi dan kiat khusus.

Peserta harus memahami karakteristik soal masing-masing jenis tes, seperti Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Anugrah Fajar Fahrurazie, tutor Adiswara Global Education, lembaga pendidikan bimbingan khusus test CPNS dan sekolah kedinasan menjelaskan, agar bisa menaklukkan soal-soal TWK, calon peserta diharapkan mulai terbiasa mengenal soal-soal dan berlatih dari kisi-kisi yang sudah ada.

“Peserta wajib mengenali soal dengan memahami konteks yang diminta, jangan sampai ada soal integritas namun menjawab pilihan opsi tentang nasionalisme,” katanya, Kamis (3/6/2021).

Soal-soal SKD dengan high order thingking skill (HOTS) yang dikeluarkan panitia CPNS dua tahun terakhir, kata Fajar, memang sering menyulitkan.

Baca juga: Mabuk dan Bikin Onar, Dua Pemuda Buruh Bangunan di Sumbawa Ditangkap Polisi

Sehingga peserta harus lebih banyak latihan menjawab soal.

Kemudian untuk menghadapi TKP, calon peserta diharapkan banyak membaca dan mengetahui Undang-undang yang berkaitan etika ASN, seperti UU Nomor 5 Tahun 2014.

“Hal ini memudahkan kita memahami soal yang berkaitan dengan sikap kerja,” tutur Hafitamala Rizky, salah satu tutor dari bimbel Adiswara, di Mataram.

Peserta harus mampu mengambil inti dari soal. Misalnya yang berkaitan dengan dua masalah yang dibenturkan kemudian menjawab soal.

Halaman
123
Penulis: Sirtupillaili
Editor: Maria Sorenada Garudea Prabawati
Sumber: Tribun Lombok
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved