Breaking News:

Prakiraan Cuaca

BMKG Keluarkan Info Peringatan Dini Cuaca Buruk Kamis 3 Juni 2021, Waspada Hujan Disertai Petir

Waspada hujan lebat disertai petir melanda sejumlah wilayah, BMKG keluarkan peringatan dini cuaca buruk terjadi hari ini, Kamis (3/6/2021)

Science Daily
ILUSTRASI HUJAN LEBAT dan Petir - Waspada hujan lebat disertai petir melanda sejumlah wilayah, BMKG keluarkan peringatan dini cuaca buruk terjadi hari ini, Kamis (3/6/2021) 

TRIBUNLOMBOK.COM - Waspada hujan lebat disertai petir melanda sejumlah wilayah, BMKG keluarkan peringatan dini cuaca buruk terjadi hari ini, Kamis (3/6/2021).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, sebanyak sembilan daerah di Indonesia berpotensi huan lebat.

Sementara itu, BMKG juga menyebut 10 daerah di Indonesia lainnya berpotensi hujan disertai angin kencang.

Hal itu disampaikan BMKG melalui laman resminya, bmkg.go.id.

Baca juga: Info Cuaca BMKG di 33 Kota Besar, Kamis 3 Juni 2021: Hujan Mengguyur 16 Kota Ini

Baca juga: Beredar SMS Peringatan Gempa Magnitudo 8,5 dan Tsunami, BMKG: Terjadi Kesalahan Sistem Informasi    

Di dalam narasinya disebutkan, Siklon Tropis CHOI-WAN terpantau di Filipina cenderung bergerak ke arah barat-barat laut.

Sistem ini secara tidak langsung berdampak pada pembentukan daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Kalimantan Utara.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah siklon tropis dan di sepanjang daerah konvergensi itu.

Peningkatan kecepatan angin permukaan yang dipicu oleh keberadaan siklon tropis, yaitu di Laut Sulu dan Samudera Pasifik timur Filipina yang mampu meningkatkan tinggi gelombang di perairan tersebut.

Terpantau juga bibit Siklon Tropis 93S di Samudra Hindia barat daya Sumatera, yang memiliki kategori sedang untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan.

Baca juga: Info BMKG Kamis, 3 Juni 2021: Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Barat Aceh Capai 4 Meter

Baca juga: Info Gelombang Tinggi BMKG Kamis, 3 Juni 2021: Perairan Barat Aceh Capai 4 Meter

Daerah konvergensi terpantau memanjang dari perairan Barat Sumatera Utara hingga Aceh, dari Jawa Tengah hingga Banten, di Kalimantan Utara, di Sulawesi Tengah, dari Papua Barat hingga Maluku Utara dan memanjang di Papua bagian tengah.

Halaman
123
Editor: wulanndari
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved