Breaking News:

MotoGP Mandalika

Kementerian Perhubungan Percepat Konektivitas Transportasi Menjelang MotoGP di Mandalika  

Kemenhub dukung penuh pengembangan sarana dan prasarana untuk mensukseskan event internasional MotoGP tahun 2022, di Sirkuit Mandalika.

Dok. Diskominfotik NTB
PERHUBUNGAN: Gubernur Provinsi NTB Zulkieflimansyah (paling kanan) bersama Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi (dua dari kanan), di Jakarta, Kamis (27/5/2021). 

Laporan Wartawan TribunLombok.com, Sirtupillaili

TRIBUNLOMBOK.COM, MATARAM - Kementerian Perhubungan mendukung penuh pengembangan sarana dan prasarana untuk mensukseskan event internasional MotoGP tahun 2022, di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dukungan itu dalam bentuk pembangunan sejumlah infrastruktur pendukung di bidang transportasi.

Antara lain, pembangunan konektivitas udara yang difokuskan pada perpanjangan runway dan perluasan terminal Bandara Internasional Lombok. PT Angkasa Pura (AP) menargetkan perpanjangan runway selesai Agustus 2021.

Mempercepat pembangunan infrastruktur transportasi dan fasilitas keselamatan jalan pendukung di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika.

Baca juga: Disnakertrans NTB Siapkan 1.000 Calon Tenaga Kerja Terlatih untuk Mandalika

Serta pengembangan manajemen rekayasa lalu lintas dan fasilitas keselamatan transportasi ketika event akbar tersebut diselenggarakan.

Hal itu diungkapkan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi saat bertemu Gubernur Provinsi NTB Zulkieflimansyah, di Jakarta, Kamis (27/05/2021). "Alat angkut berupa bus-bus penumpang juga sedang disiapkan. Insya Allah akan dicarikan dananya tahun ini dan sisanya tahun 2022,” katanya.

Sementara pengembangan infrastruktur laut dengan memprcepat penyerahan Pengalihan Personel, Pembiayaan Sarana, dan Prasarana, Serta Dokumen (P3D) di 5 pelabuhan regional. Di sisi lain, pembangunan sarana perhubungan laut khususnya di Dermaga Gili Mas sudah mulai beroperasi.

Dermaga pelabuhan Gili Mas juga sudah dikembangkan tahun lalu untuk kapal-kapal  pesiar ukuran besar yang bisa dijadikan hotel terapung bagi ribuan penontong MotoGP.

Baca juga: Listrik MotoGP Mandalika Tanpa Kedip, PLN Bangun 3 Jalur Suplai Tambahan 

Baca juga: Kepala Bappenas: MotoGP Mandalika Jadi Pertaruhan Nama Indonesia di Mata Dunia

”Kalau laut relatif sudah cukup, terutama lintas penyeberangan dari Jawa dan Bali ke Lombok," tambahnya.

Menanggapi hal itu, Gubernur NTB  Zulkieflimansya menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah pusat atas dukungannya dalam pengembangan fasilitas penunjang. ”Event internasional MotoGP ini bukan hanya milik masyarakat NTB, tetapi milik seluruh masyarakat Indonesia. Sehingga dukungan semua pihak sangat diharapkan," katanya.

Ia berharap perhelatan MotoGP bukan hanya sebagai olahraga sepeda motor kelas dunia, tetapi memiliki dampak besar bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Berita soal update MotoGp Mandalika di NTB lainnya.

(*)

Penulis: Sirtupillaili
Editor: Maria Sorenada Garudea Prabawati
Sumber: Tribun Lombok
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved