Breaking News:

Berkata Kotor Batalkan Puasa Ramadhan? Simak Penjelasan Ustaz

Jadi menurut ilmu fikih, dengan berkata dusta (bohong) maupun menyebutkan perkataan keji atau kotor tidak akan membatalkan ibadah puasa kamu.

Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Ramadan. 

TRIBUNLOMBOK.COM - Bagaimana hukum berkata kotor saat sedang menjalankan puasa di bulan Ramadan?

Apakah membatalkan ibadah puasa?

Ternyata, berkata kotor pada saat tidaklah membatalkan puasa.

Hanya saja, dengan berkata kotor akan mengurangi pahala puasa kamu.

Hal tersebut seperti dijelaskan oleh sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi:

”Siapa saja yg tidak bisa meninggalkan dusta dan perbuatan – perbuatan keji atau kotor, malah mengamalkannya maka Alloh Swt tidak akan dapat menerima puasa mereka dan tidak butuh dari rasa haus dan lamar yg dia tahan. ” (Hadist Riwayat Bukhari).

Jadi menurut ilmu fikih, dengan berkata dusta (bohong) maupun menyebutkan perkataan keji atau kotor tidak akan membatalkan ibadah puasa kamu.

Namun kamu hanya akan mendapatkan rasa lapar dan haus saja tanpan mendapatkan pahala puasa ramadan dari ibadah yang telah kamu jalankan.

Hal tersebut juga sesuai dengan firman Allah SWT dalam QS, Al-Baqarah ayat 183.

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Qs. al-Baqarah: 183).

Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya bagi para muslim untuk menjauhkan diri dari perkataan kotor, kasar, dusta (bohong) serta marah pada saat menjalankan ibadah puasa.

(TribunWow.com)

Artikel ini telah tayang di Tribunwow.com dengan judul Kata Ustaz soal Apakah Berkata Kotor Bisa Membatalkan Puasa Ramadan?

Editor: Wulan Kurnia Putri
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved