Breaking News:

Mengapa Ikatan Cinta Bisa Catat Rekor Rating Terbaik? Begini Penjelasan Pakar Sosiolog dan Media

Sosiolog Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Drajat Tri Kartono mengatakan jika euforia sinetron Ikatan Cinta masih dalam batas wajar.

rctiplus
Sinetron Ikatan Cinta. 

TRIBUNLOMBOK.COM - Ketenaran sinetron Ikatan Cinta tidak diragukan lagi.

Sinetron yang dibintangi Arya Saloka, Amanda Manopo, Glenca Chysara dan sederet aktor ternama ini awet bertengger di posisi rating terbaik pertelevisian Indonesia, bahkan pernah memecahkan rekor.

Dilansir dari artikel Tribunnews.com yang berjudul "2 Hari Berturut-Turut, Sinetron Ikatan Cinta Catat Rekor Terbaik di Industri Televisi Indonesia", sinetron ini meraih rating 13,8 dan audience share 48 persen di segmen menengah ke atas pada Minggu (24/1/2021).

Sementara itu untuk seluruh demografi, sinetron besutan MNC Picture itu mencetak rating 14,1 dan audience share 48,3 persen.

Artinya hampir setengah penonton televisi di Indonesia pada waktu tersebut menonton Ikatan Cinta.

Sosiolog Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Drajat Tri Kartono mengatakan jika euforia sinetron Ikatan Cinta masih dalam batas wajar.

Berdasarkan wawancaranya dengan Kompas.com pada Senin (15/3/2021), ia memberikan tanggapannya terkait larisnya sinetron yang tayang setiap hari itu.

Ia membenarkan jika hal tersebut menandakan adanya ikatan emosi antara sebuah hiburan televisi dengan realitas sosial.

"Wajar saja, ini masyarakat betul-betul memiliki ikatan emosi antara hiburan yang dia amati dan realitas sosial empiris yang mereka hadapi," kata Drajat.

Emosi yang tercipta dalam sinetron itu menyatu dengan apa yang terjadi di kehidupan nyata.

Halaman
1234
Editor: Wulan Kurnia Putri
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved