Breaking News:

Peringatan Dini

Peringatan Dini BMKG, Jumat 8 Mei 2020: 17 Wilayah Berpotensi Mengalami Cuaca Ekstrem Hujan Lebat

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem pada Jumat (8/5/2020).

Tribunnews.com
BMKG Prakiraan Cuaca 33 Kota di Indonesia. 

TRIBUNLOMBOK.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem pada Jumat (8/5/2020).

Sebanyak 17 wilayah berpotensi mengalami cuaca hujan lebat disertai petir dan angin.

Daerah tersebut, di antaranya Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat hingga Kalimantan Utara.

BMKG memperkirakan daerah tekanan rendah yang merupakan bibit siklon tropis (96 S) terpantau di Samudera Hindia Barat Daya Bengkulu.

Kemudian, arah pergerakan ke Barat (menjauhi wilayah Indonesia) dengan potensi persisten menjadi Siklon Tropis dalam 12 jam ke depan.

Sistem tersebut, memberikan dampak tidak langsung berupa konvergensi yang memanjang dari Perairan Barat Sumatera Utara hingga Sumatera Barat dan dari Pesisir Barat Bengkulu hingga Samudera Hindia Barat Lampung.

Selain itu, sIstem juga menginduksi kecepatan angin di sekitarnya (low level jet) yang meningkat hingga terpantau mencapai >25 knot, yakni di sebelah Selatan dari sistem di Samudera Hindia Barat Daya Sumatera.

Sehingga mempengaruhi peningkatan ketinggian gelombang di wilayah tersebut.

Ilustrasi cuaca ekstrem. Peringatan Dini BMKG, Jumat 8 Mei 2020: 16 Wilayah Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem Hujan dan Angin.
Ilustrasi cuaca ekstrem. Peringatan Dini BMKG, Jumat 8 Mei 2020: 17 Wilayah Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem Hujan dan Angin. (pixabay.com)

Berikut peringatan dini cuaca ekstrem pada Jumat (8/5/2020), dikutip Tribunnews dari web.meteo.bmkg.go.id, sekira pukul 12.54 WIB:

Wilayah yang berpotensi hujan lebat:

Halaman
1234
Editor: Wulan Kurnia Putri
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved